Tahap-tahap Berubahnya Batu Menjadi Tanah

  • Selasa, 14 November 2017 18:15 WIB

Tahap-Tahap Berubahnya Batu Menjadi Tanah | publicdomainpictures.net

Tanah merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan manusia. Tanpa tanah, manusia akan kesulitan menanam tanaman dan membangun rumah. Tanah berasal dari batuan yang ada di bumi. Sebelum berubah menjadi tanah, batu harus melewati beberapa tahap.

Tahap 1 – Pelapukan

Sebelum menjadi tanah, batu harus melewati tahap pelapukan. Di tahap ini, batuan besar akan hancur dan berubah batuan yang lebih kecil. Proses pelapukan bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah suhu panas di siang hari dan suhu dingin di malam hari.

Tahap 2 – Pelunakan

Setelah mengalami pelapukan, batu akan mengalami pelunakan. Untuk melunakkan batu, aid dan udara akan masuk ke dalam sela-sela batu. Selain melunakkan batu, air dan udara juga bisa memancing pertumbuhan mikroba dan lumut.

Tahap 3 – Penghancuran

Setelah proses pelunakan, tumbuhan yang lain akan tumbuh di atas batu. Akar dari tumbuhan itu akan masuk ke dalam batu dan membuat batu benar-benar hancur menjadi butiran kecil. Di tahap inilah, batu benar-benar berubah menjadi tanah.

Tahap 4 – Penyuburan

Setelah berubah menjadi tanah, proses penyuburan akan dimulai. Zat organik yang berasal dari tumbuhan atau hewan yang mati akan diserap oleh tanah. Di tahap ini, tanah mulai dihuni hewan, seperti cacing. Hewan kecil ini juga membantu proses penyuburan tanah, lo!

Nah, Teman-teman, itulah tahap-tahap berubahnya batu menjadi tanah.

Foto: publicdomainpictures.net

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×