Anak-Anak SD Puncak Lolomatua yang Bersemangat Sekolah

  • Rabu, 3 Mei 2017 14:00 WIB

Teman kita di SDN Puncak Lolomatua sedang berlajar bersama Ibu Guru Indri Rosidah. Foto: Array A Argus \ Tribun Medan

SDN 078489 Puncak Lolomatua merupakan salah satu sekolah terpencil di Kecamatan Lolomatua, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Meskipun dengan fasilitas seadanya, di sini teman-teman kita sangat bersemangat sekolah.

Sekolah sambil membawa adik

Di sekolah terpenciil seperti SDN Puncak Lolomatua, proses belajar di sekolah tidak seketat sekolah-sekolah di kota yang disiplin dan tertib.

Di SDN Puncak Lolomatua, murid-murid kadang sekolah sambil membawa adiknya karena  orangtuanya harus pergi ke kebun.

Seperti yang diceritakan oleh Ibu Guru Indri Rosidah kepada Tribun-medan.com,  di sana ada beberapa murid yang sering sekolah sambil menggendong adiknya, antara lain Boisman Gori dan Latina Ndruru.

Sambil menggendong adiknya yang masih balita, Gori mengerjakan soal-soal. Sesekali, Gori terlihat memeluk dan mencium kepala adiknya agar adiknya nurut dan tidak mengganggu saat pelajaran.

Meskipun Gori dan Latina bersekolah sambil membawa adiknya, pelajaran di sekolah tidak terganggu. Apalagi, di sekolah itu, bersekolah sambil mengasuh adik dianggap wajar karena orangtua mereka harus pergi ke ladang untuk menyadap karet atau ke pasar untuk menjual hasil bumi.

Keluarga tidak mampu

Gori dan Latina merupakan gambaran teman kita yang harus berjuang untuk sekolah. Gori dan Latina harus sekolah karena mereka sudah tahu kalau sekolah itu sangat penting untuk mengubah nasib mereka.

Reporter : Sigit Wahyu
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Dongeng Putri Tikus

3 hari yang lalu

Obat Bosan dari Nenek

1 hari yang lalu

Cat Kuku

3 hari yang lalu

Korespondensi dengan Pencuri

2 hari yang lalu

Kuningan

3 hari yang lalu

Iko, Hihaa!!

3 hari yang lalu

Rumah Nomor 6

4 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×