Anak Indonesia Menjaga Persatuan

  • Jumat, 24 Maret 2017 15:54 WIB

Anak Indonesia. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID

Indonesia memiliki berbagai keragaman.  Keragaman suku, budaya, bahasa, tarian, ritual, dan lainnya. Keragaman ini akan menjadi kekayaan, apabila kita bisa saling menghargai. Namun, keragaman bisa menjadi berbahaya ketika kita saling membenci.

Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan ”Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu sangat penting bagi bangsa Indonesia. Penduduk Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa. Setiap suku memiliki sejarah, asal-usul, juga kebiasaan yang menghasilkan budaya daerah. Budaya daerah di Indonesia merupakan ciri khas masing-masing daerah.

Anak Indonesia

Anak Indonesia dari daerah mana pun harus menghargai kebudayaan daerah lain yang berbeda dengan kebudayaannya sendiri. Kebudayaan daerah yang beraneka ragam memperkaya kebudayaan nasional.

Keragaman budaya inilah yang membuat Indonesia terkenal di dunia. Kebudayaan adalah salah satu ciri khas suatu bangsa. Kita harus melestarikan dan bangga terhadap kebudayaan kita. Jangan mudah meniru kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan budaya.

Bermain Permainan Tradisional
Bermain bersama bisa menyatukan perbedaan.
Foto: Putri Puspita | Bobo.ID

 

Menjaga Kesatuan

Rasa dan sikap persatuan dan kesatuan bagi anak Indonesia sangat diperlukan untuk mencapai kejayaan bangsa. Sikap persatuan akan dapat meringankan suatu permasalahan dan mempercepat selesainya suatu pekerjaan. Contohnya kegiatan kerja bakti. Pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan jika dikerjakan bersama. Kegiatan itumencerminkan rasa persatuan dan kegotongroyongan.

Perbedaan bukan merupakan hambatan untuk menggalang rasa kesatuan dan persatuan. Perbedaan pendapat dapat diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat.

Teks dan Foto-foto: Putri Puspita | Bobo.ID

Reporter : Putri Puspita
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×