Mengenal 4 Tarian yang Biasa Ditampilkan Anak-Anak di Bali

  • Jumat, 31 Maret 2017 11:18 WIB

Anak Bali suka menari. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID

Di Bali, anak-anak sudah mulai latihan menari sejak kecil, bahkan sebelum masuk TK. Mereka pun sudah mementasan tarian-tarian tertentu. Berikut adalah empat tarian yang paling sering dipentaskan anak-anak yang baru berlatih tari Bali.

Tari Panyembrama

Panyembrama diciptakan oleh seniman bernama I Wayan Berata. Tarian ini meliputi gerakan dari beberapa tarian sakral Bali. Panyembrama pertama kali ditampilkan pada 1971, di Perayaan Pandan. Bentuk tarian ini sering diajarkan di sekolah maupun sanggar tari Bali, dan digunakan di pura pada upacara keagamaan.

Tari Panyembrama
Tari Panyembrama. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID

Tari Puspanjali

Tari Puspanjali adalah sebuah tarian kreasi baru yang diciptakan oleh seorang seniman bernama  N.L.N. Swasthi Wijaya Badem pada tahun 1989.sentuh dengan an dari I Nyoman Windha sebagai penata musik.

Nama dari Puspanjali sendiri berasal dari dua kata yakni puspa dan anjali yang masing-masing memiliki arti bunga dan menghormat. Dari nama tersebut tentu akan kita dapati tujuan tarian puspanjali, yakni sebagai tarian penghormatan bagi para tamu.

Tari Puspanjali
Tari Puspanjali. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID

 

Tari Legong Keraton

Kata Legong berasal dari kata "leg" yang artinya gerak tari yang luwes atau lentur dan "gong" yang artinya gamelan. "Legong" dengan demikian mengandung arti gerak tari yang terikat (terutama aksentuasinya) oleh gamelan yang mengiringinya.

Legong awalnya berkembang di keraton-keraton Bali pada abad ke-19. Sesuai dengan awal mulanya, penari legong yang baku adalah dua orang gadis yang belum mendapat menstruasi, ditarikan di bawah sinar bulan purnama di halaman keraton. Kedua penari ini, disebut legong, selalu dilengkapi dengan kipas. Pada beberapa tari legong terdapat seorang penari tambahan, disebut condong.

Penari Condong
Penari Condong. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID

Reporter : Putri Puspita
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×