Di Pulau Mare, Laki-laki Pantang Membuat Gerabah

  • Selasa, 12 September 2017 15:17 WIB

Gerabah dari Pulau Mare, Tidore | Foto: Sigit Wahyu

Pulau Mare di Maluku  dikenal sebagai pulau penghasil gerabah. Gerabah dari Pulau Mare banyak digunakan masyarakat dari Maluku hingga Papua. Anehnya, laki-laki di Pulau Mare tak satu pun yang dapat  membuat gerabah. Semua jenis gerabah dibuat oleh perempuan.

Pantangan

Menurut mitos di Pulau Mare, sejak dahulu laki-laki di Pulau Mare dilarang membuat gerabah. Membuat gerabah adalah pekerjaan perempuan. Konon apabila larangan itu dilanggar, maka laki-laki tersebut tidak bisa punya anak.

Mitos tersebut hingga kini masih berlaku di Pulau Mare. Meskipun begitu, bukan berarti semua proses pekerjaan membuat gerabah dilakukan oleh perempuan.

Untuk menggali tanah liat yang terdapat di gunung, biasanya dilakukan oleh laki-laki. Begitu juga setelah gerabah jadi, maka tugas kaum laki-laki yang menjualnya ke luar pulau.  

Gerabah Tradisional

Gerabah yang dihasilkan merupakan gerabah tradisional. Artinya, gerabah yang dihasilkan merupakan perkakas yang masih dibutuhkan untuk melestarikan adat istiadat masyarakat di Maluku dan Papua.  Misalnya, gerabah untuk membakar sagu yang disebut forno, hito untuk membakar dupa, ngura-ngura untuk menutup makanan, kuali, belanga, dan lainnya.

undefined
Hito adalah gerabah untuk membakar dupa. | Foto: Sigit Wahyu

Proses Pembuatan Gerabah

Bahan baku gerabah adalah tanah liat yang mengandung kaolin. Di Pulau Mare, tambang tanah liat terdapat di gunung Mare. Tanah liat dijemur sampai kering, lalu ditumbuk atau dihaluskan. Setelah halus, tanah dicampur dengan pasir berwarna hitam, lalu ditambah sedikit air dan diulen hingga terbentuk tanah liat yang benar-benar pulen.

Tanah liat kemudian dipipihkan dengan cara dipukul-pukul. Setelah itu baru dibentuk sesuai dengan perkakas yang hendak dibuat. Proses selanjutnya adalah dijemur, dihaluskan, lalu dibakar.

Reporter : Sigit Wahyu
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Diuji dengan Mimpi

18 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Asal Tahu Caranya

10 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Kalender Buatan Mia

15 jam yang lalu

Cerita

Gadis Bertopi Tong Kayu

8 jam yang lalu

MOST READ

Putri Berambut Kaca

3 hari yang lalu

Pencuri Mawar

3 hari yang lalu

Piano Dalam Api

2 hari yang lalu

Rahasia Nana dan Pak Win

1 hari yang lalu

Diuji dengan Mimpi

18 jam yang lalu

Kan Kusediakan Waktu

2 hari yang lalu

Ketika Dihukum Mama

1 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×