Elista, Kota Catur di Rusia

  • Selasa, 5 September 2017 11:07 WIB

Foto: Creative Commons | Foto: Creative Commons

Teman-teman tentu tahu olahraga catur. Tetapi tahu kah teman-teman bahwa di dunia ini ada kota catur? Di dalamnya terdapat pion catur raksasa dan berbagai tema catur di mana-mana. Kota tersebut bernama Elista!

Kota Elista di Republik Kalmykia

Catur merupakan salah satu cabang olahraga asah otak yang dimainkan menggunakan pion dan papan hitam putih. Tetapi di sebuah kota di Rusia, catur dijadikan tema hiasan kotanya, lo, teman-teman! Kota tersebut bernama Elista dan terletak di Republik Kalmykia, Rusia.

Republik Kalmykia dihuni oleh hampir 300.000 orang. Penduduk asli Republik Kalmykia tak hanya berada di tanah kelahiran mereka, lo. Sebab sebagiannya juga ada yang menempati wilayah Eropa, seperti Serbia dan melanjutkan kehidupan di sana.

Sebagian besar penduduk Republik Kalmykia menganut agama Buddha.

Dinobatkan Menjadi Kota Catur

undefined
Vihara di Republik Kalmykia. (Foto: Creative Commons)

Presiden pertama yang memimpin Republik Kalmykia, yaitu Kirsan Ilyumzhinov juga merupakan ketua Federasi Catur Dunia. Hal ini merupakan salah satu penyebab Kota Elista di Republik Kalmykia kemudian dinobatkan menjadi kota catur.

Sejak tahun 1998 yang lalu, seluruh bagian sudut kota Elista dihias dengan berbagai benda dan gambar bertema catur. Ketika itu, pembuatan kota catur dimaksudkan untuk memeriahkan Olimpiade Catur ke-30 yang jatuh di tahun yang sama. Kala itu para atlet catur hebat dari berbagai negara didatangkan ke Republik Kalmykia.

Salah satu bagian yang paling menarik di Kota Elista adalah bagian pusat kotanya, teman-teman. Di sana terdapat pion serta papan catur raksasa yang terkenal hingga kini.

Tak Hanya Kota Catur

Meski sebagian besar isi kota Elista bertema catur, tetapi sebenarnya kota ini masih memiliki beragam keunikan lain. Karena mayoritas penduduknya beragama Buddha, salah satu objek yang juga menarik untuk didatangi adalah sebuah vihara emas bernama Vihara Emas Buddha Shakyamuni. 

Reporter : Petronela Putri
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×