Gasing dan Kebudayaan Indonesia

  • Sabtu, 9 September 2017 17:16 WIB

Pak Endi dan gasing yang ia kumpulkan dari seluruh Indonesia | Ricky Martin

Cerita tentang asal usul gasing di Indonesia memang masih siimpang siur. Meski begitu, gasing dan kebudayaan Indonesia sudah melekat dengan kuat.

Bukittinggi

Menurut Pak Endi Aras, gasing tak hanya dijadikan alat bermain. Di beberapa daerah, gasing juga dijadikan alat untuk merayakan atau melakukan sesuatu. Di daerah Bukittinggi, gasing biasa dijadikan alat untuk melakukan ilmu hitam. Tapi untung, kegiatan ini sudah mulai berkurang dan dilarang karena memiliki efek negatif.

Kalimantan

Di daerah Kalimantan, gasing biasanya dimainkan saat ada acara pindahan rumah. Sebelum mulai menghuni rumah baru, pemain gasing akan memainkan gasing di sekitar rumah tersebut.

Lombok Timur

Menurut Pak Ansori, Anggota Gudang Dolanan, setiap tiga bulan sekali, masyarakat di daerah Penendem, Lombok Timur selalu mengadakan pertunjukkan/lomba gasing. Dalam acara ini, setiap desa akan mengirimkan 1 kelompok yang terdiri dari 10 orang. Orang yang mengikuti acara ini akan beradu kemampuan dalam bermain gasing. Konon, acara ini sudah terkenal di Lombok Timur.

Nah, Teman-teman, itulah sedikit cerita tentang gasing dan kebudayaan Indonesia. Kira-kira, di tempatmu ada cerita tentang gasing juga, kah?

Foto: Ricky Martin

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Putri Berambut Kaca

2 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

3 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

3 hari yang lalu

Bekal Makan Siang

3 hari yang lalu

Benarkah Agus Anak Berandal?

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×