Rumah Tradisional Suku Indian

  • Senin, 8 Januari 2018 15:15 WIB

Orang Indian dan Rumah Tepees | Creative Commons

Bobo.id - Orang Indian adalah penduduk asli benua Amerika. Mereka terdiri dari banyak suku. Bentuk rumah mereka bermacam-macam. Bentuk dan bahan rumah itu dipengaruhi oleh mata pencaharian, lingkungan, dan suhu di sekitarnya.

Tepees

Tepees disebut juga teepees atau tipis adalah rumah berbentuk tenda. Digunakan oleh suku-suku Indian yang tinggal di dataran terbuka. Seperti suku Apache.

Tepees berbentuk kerucut. Rumah ini terbuat dari rangka kayu yang ditutup dengan kulit buffalo, kerbau khas Amerika. Tepees dibuat sedemikian rupa supaya mudah dibongkar pasang.

Suku Apache hidupnya menggembala buffalo. Mereka berpindah-pindah mengikuti kemana buffalo mencari rumput. Setiap mereka pindah, tepees ikut dibawa pindah.

undefined
Ini wigwams yang ditutupi kulit kayu. (Foto: Creative Commons)

Wigwams

Wigwams disebut juga wetuis. Ini adalah rumah suku Indian Algonquian yang tinggal di hutan.

Wigwams adalah rumah kecil. Tingginya hanya 2,4 sampai 3 meter. Rumah ini terbuat dari rangka kayu yang ditutup dengan lembaran kulit kayu. Rangka kayu itu bisa berbentuk kubah, kerucut, atau berbentuk panjang dengan atap melengkung.

Mata pencaharian orang Indian dari suku Algonquian adalah bertani pada saat musim panas. Sedangkan di musim dingin, mereka berburu.

Wigwams merupakan tempat tinggal mereka selama musim panas, yaitu saat mereka bertani.

Reporter : Aan Madrus
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Adikku Manis

2 hari yang lalu

Diuji dengan Mimpi

19 jam yang lalu

Ketika Dihukum Mama

14 jam yang lalu

Pertemuan di Atas Andong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×