Yuk, Berkenalan dengan Suku Tobelo Dalam!

  • Rabu, 6 September 2017 10:30 WIB

Foto: kompas.com | Foto: kompas.com

Ada begitu banyak suku yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk suku pedalaman. Salah satu suku yang unik adalah Suku Tobelo Dalam.

Mirip Bangsa Asing

Suku Tobelo Dalam dikenal juga dengan nama suku Togutil. Suku ini biasa bertahan hidup dengan cara berburu hasil hutan. Sebagian dari mereka juga bercocok tanam untuk menghasilkan bahan makanan sehari-hari.

Suku Tobelo ini unik, lo. Fisiknya mirip dengan bangsa asing atau yang sering disebut sebagai "orang bule". Tak heran, karena rata-rata, masyarakat Tobelo masih berkerabat dengan bangsa Portugis, India, bahkan Tiongkok.

undefined
Foto: kompas.com/Dok Doctors Go Wild KOMPAS TV.

Masih Dekat dengan Alam

Suku Tobelo dekat dengan alam. Sebagai suku pedalaman, awalnya Tobelo tidak mengenal agama. Anak-anak suku Tobelo biasanya diberi nama sesuai nama-nama pohon, lo! Nama pohon yang dipilih adalah pohon terdekat dari tempat mereka dilahirkan. Bahkan, ketika ada warga yang meninggal, jasadnya akan diletakkan di dekat pohon.

Setelah beberapa waktu, Tobelo akhirnya beradaptasi dan mulai mengenal agama. Mereka melaksanakan ajaran-ajaran sesuai dengan agama yang dianut, teman-teman. Termasuk menguburkan jasad seseorang yang sudah meninggal, sehingga tidak lagi disandarkan di pohon.

Hidup Berpindah-pindah

Suku Tobelo dulunya hidup nomaden atau berpindah-pindah. Kegiatan mereka pun tak hanya berburu di hutan, tapi juga membuka ladang setiap kali mendatangi tempat baru. Kehidupan Tobelo mulanya memang benar-benar bergantung kepada sumber daya alam yang ada di sekitar mereka.

Kini, suku Tobelo sudah hidup menetap dan mulai rutin bercocok tanam. Suku ini tinggal di hutan Wasilei, Kecamatan Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara.

Foto: Dok Doctors Go Wild KOMPAS TV.

Reporter : Petronela Putri
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Diuji dengan Mimpi

18 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Asal Tahu Caranya

10 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Kalender Buatan Mia

15 jam yang lalu

Cerita

Gadis Bertopi Tong Kayu

8 jam yang lalu

MOST READ

Putri Berambut Kaca

3 hari yang lalu

Pencuri Mawar

3 hari yang lalu

Piano Dalam Api

2 hari yang lalu

Rahasia Nana dan Pak Win

1 hari yang lalu

Diuji dengan Mimpi

18 jam yang lalu

Kan Kusediakan Waktu

2 hari yang lalu

Ketika Dihukum Mama

1 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×