Permen Lollipop, Namanya Diambil Dari Nama Pacuan Kuda

  • Kamis, 27 April 2017 15:02 WIB

Warna-warni Permen Lollipop

Apakah kamu menyukai permen bertangkai (lollipop)? Permen dengan warna-warni yang mencolok ini banyak disukai karena rasanya yang manis.

Sejarah permen lollipop

Sejarah ditemukannya permen lollipop ini macam-macam. Ada yang mengatakan bahwa permen ini ditemukan pada saat perang saudara di Amerika yaitu sekitar tahun 1861 hingga 1865. Ada juga yang mengatakan bahwa permen ini sudah ada sejak tahun 1800-an.

Nama lollipop ditemukan pertama kali oleh George Smith. Ia adalah seorang pemilik perusahaan permen bernama the Bradley Smith Company. Smith menamai permen bertangkai ini berdasarkan nama pacuan kuda kesukaannya yaitu Lolly pop.

Ia mendaftarkan merek lollipop pada tahun 1931 dan sejak saat itu nama itu melekat di hati masyarakat.

George Smith memilih ide untuk membuat permen bertangkai ini agar mudah dimakan oleh para pelanggannya. Di awal pembuatannya,  permen lollypop lunak dan tidak keras seperti saat ini.

Mesin pembuat permen bertangkai

Samuel Born, seorang imigran asal Rusia menemukan mesin pembuat permen bertangkai pertama kali.

Mesin pembuat permen ini diberi nama The Born Sucker Machine oleh Kota San Fransisco pada tahun 1916. Ini merupakan penghargaan yang diberikan pada kota tersebut atas kejeniusan pembuat mesin permen bertangkai tersebut. Mesin itu secara otomatis dapat menyelipkan tongkat pada lollipop yang sedang dibuat

Selain mesin yang ditemukan oleh Samuel Born, ada juga mesin pembuat permen bertangkai yang lebih canggih. Mesin ini dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama The Racine Confectioners Machinery Co. dari Racine di Wisconsin. Kecanggihan mesin ini adalah dapat membuat empat puluh buah lollipop sekaligus dalam satu menit.

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Sigit Wahyu

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Surat Perpisahan

3 hari yang lalu

Tiga Tangkai Mawar

22 jam yang lalu

Bintang Pensi

2 hari yang lalu

Mengomel Bersama

3 hari yang lalu

Ayah Pulang

2 hari yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

20 jam yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×