Uniknya Perayaan Hari Kemerdekaan di 5 Negara ini

By Eka Kartika, Jumat, 18 Agustus 2017 | 07:05 WIB
Parade fourth of july (Amerika Serikat), Foto: Wordpress (Eka Kartika)

Peringatan hari kemerdekaan diperingati secara berbeda di setiap negara. Ada yang menggelar upacara, ada juga yang merayakannya dengan berbagai acara istimewa.

Amerika Serikat

Hari bersejarah Amerika Serikat jatuh pada tanggal 4 Juli. Hari kemerdekaan ini selalu dirayakan secara meriah di seluruh penjuru Amerika. Bahkan, pesta kembang api, pawai, dan parade di jalan juga dilakukan pada hari yang disebut juga sebagai “Fourth of July”. 

India

Peringatan kemerdekaan di India, diperingati setiap tanggal 15 Agustus. Tepat 2 hari sebelum peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Hal yang dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan adalah menggelar upacara bendera. Uniknya, sebelum upacara dilakukan, pasti selalu ada pawai pasukan berkuda di awal upacara.

Momen kemerdekaan itu juga dijadikan masyarakat India untuk menerbangkan layang-layang ke langit. Sehingga pada tanggal 15 Agustus, langit di India penuh dengan warna dan berbagai bentuk layang-layang.

Ukraina

Perayaan kemerdekaan Ukraina juga jatuh pada bulan Agustus, lo. Berbeda dengan Indonesia dan India, biasanya perayaan kemerdekaan Ukraina berlangsung selama 3 hari. Dimulai dengan tanggal 23 Agustus, yaitu hari penghormatan bendera. Pada hari itu, negara ini akan didominasi oleh warna biru dan kuning.

Kemudian tanggal 24 Agustus, masyarakat Ukraina dengan kompaknya akan mengenakan kostum tradisional. Sedangkan pada hari terakhir, tepatnya tanggal 25 Agustus, biasanya akan ada kebaktian perayaan kemerdekaan di St. Sophia Cathedral. Di acara kebaktian ini, Presiden turut hadir dan melakukan kebaktian bersama rakyatnya.

Peru

Jika Ukraina merayakan hari merdekanya selama 3 hari, Peru mengadakan perayaan hari bersejarahnya selama dua hari berturut-turut. Tepatnya pada tanggal 28 dan 29 Juli. Selain upacara kenegaraan, biasanya digelar parade raksasa. Di parade yang dipusatkan di kota Lima, ratusan orang dengan kostum warna-warni beraksi dengan gembira. Uniknya, di parade yang berlangsung selama beberapa jam ini, masyarakat Peru membawa serta berbagai makanan khas negara tersebut.

Filipina

Bagi masyarakat Filipina, libur kemerdekaan adalah hari khusus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berkumpul bersama teman-teman dan saudara, sambil tak lupa menghidangkan makanan. Untuk memperingati hari kemerdekaannya, di Filipina ada juga pawai hari kemerdekaan yang meliputi pertunjukkan seni dan budaya.