5 Manfaat Menabung

By willa widiana, Rabu, 11 Oktober 2017 | 09:45 WIB
5 Manfaat Menabung (willa widiana)

Jika diberi uang jajan, jangan lupa untuk ditabung. Menabung bisa memberikan kita banyak manfaat, ini dia lima diantaranya.

1. Mengajarkan Kita Berhemat

Menabung membuat uang jajan kita berkurang. Jika sudah begitu, mau tak mau kamu harus membeli barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.

Contohnya saat kita harus membeli pensil di toko. Ketika masuk toko, kita melihat pulpen yang lucu di dekat pensil yang harusnya kita beli. Padahal, uang kita hanya cukup untuk membeli satu barang saja. Dalam keadaan seperti itu, kita harus memilih pensil. Kenapa? karena pensil adalah barang yang kita butuhkan, sedangkan pulpen lucu hanya barang yang kita inginkan.

Baca juga: Uang Jajan Itu Enaknya Diterima Harian, Mingguan, atau Bulanan?

2. Mengajarkan Kita Menghargai

Menabung akan mengajarkan kita cara menghargai uang. Saat menabung, uang jajan kita akan berkurang. Saat uang jajan berkurang, kita pasti lebih menghargai uang. Bahkan, kita jadi tahu kalau uang itu tidak datang begitu saja ke tangan orangtua kita. Untuk mendapatkan uang, orangtua kita harus bekerja dari pagi sampai sore.

3. Mengajarkan Kita Mengatur Uang

Saat menabung, kita akan belajar cara mengatur uang yang baik dan benar. Uang jajan yang diatur dengan baik dan benar biasanya akan habis di waktu yang tepat, bahkan bisa tersisa. Supaya kamu bisa mengatur uang dengan baik dan benar, cobalah untuk menabung dari sekarang. Menabungnya dalam jumlah kecil saja dulu.

Baca juga: Uang Elektronik Itu Beragam, Lo, Ternyata!

4. Mengajarkan Kita Mandiri

Kita pasti pernah melihat barang bagus dan berkeinginan untuk membelinya dengan uang sendiri. Hal itu bisa jadi kenyataan kalau kita menabung. Menabung membuat kita punya uang lebih, jadi barang yang kita inginkan bisa dibeli dengan uang sendiri. Kita jadi mandiri, deh. Tapi ingat, tetap utamakan barang yang benar-benar kita butuhkan. Kalau semua barang dibeli, bisa-bisa tabungan kita habis dalam sekejap.

5. Mengajarkan Kita Tepat Janji

Sebelum menabung, kita pasti membuat janji di dalam hati, misalnya, “Aku ingin menabung Rp.10.000 setiap hari.” Karena sudah berjanji, kita pasti akan berusaha untuk menepatinya. Awalnya pasti akan sulit, tapi lama kelamaan janji yang kita ucapkan itu pasti akan terasa mudah kok. O iya, janji yang kita buat dalam hati itu juga membuat kita disiplin, lo!

Nah, Teman-teman, itulah 5 manfaat menabung. Kira-kira, celengan tempatmu menabung bentuknya apa?

Ilustrasi: Ode