Salamander Raksasa, Hewan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang

By Yomi Hanna, Kamis, 16 November 2017 | 08:15 WIB
Salamander Raksasa (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman pernah melihat hewan ini? Ciri-cirinya memiliki tubuh yang mirip tokek tapi berukuran sangat besar, serta memiliki kulit yang licin dan berlendir seperti lele. Hewan ini juga merupakan hewan purba yang masih hidup hingga sekarang. Hmm… hewan apakah itu?

Hewan Amfibi Raksasa

Namanya adalah Salamander Raksasa (Andrias davidianus). Hewan amfibi ini terdapat di pedalaman Tiongkok dan sebagian pedalaman Taiwan. Meskipun bisa hidup di air dan di darat, hewan ini jarang ke luar dan jauh dari air. Ini karena tubuhnya yang sangat besar dan berat yang membuat dirinya sulit untuk bergerak cepat di daratan. Salamander Raksasa ini bisa bertumbuh hingga mencapai panjang 180 cm yang diukur dari kepala hingga ekor.

Baca juga : 10 Museum Dinosaurus Terbaik di Dunia

Hewan ini hidup di alam bebas dan sangat jarang ditemui dengan kondisi tubuh tumbuh besar. Karena biasanya Salamander Raksasa sudah ditangkap duluan oleh pemburu saat usianya masih muda dan belum dewasa penuh.

Pemerintah Melarang Perburuan Salamander Raksasa

Masyarakat sering memburu Salamander Raksasa ini untuk dijadikan bahan makanan yang lezat. Itulah yang menyebabkan populasi hewan ini sudah mulai langka sekarang. Agar tidak diburu lagi, pemerintah Tiongkok membuat peraturan untuk melindungi Salamander Raksasa dari kepunahan.

Selain itu, pemerintah juga membuat penangkaran bagi Salamander Raksasa agar bisa hidup hingga beberapa puluh tahun ke depan.