Minyak Bumi Itu Apa, ya?

By Yomi Hanna, Rabu, 22 November 2017 | 05:08 WIB
Minyak bumi berasal dari tumbuhan dan hewan yang telah hidup berjuta-juta tahun lamanya (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman pernah mendengar istilah minyak bumi? Minyak bumi adalah benda cair yang kental, berwarna gelap, yang biasa terdapat jauh di bawah permukaan bumi. Tahukah teman-teman dari mana minyak bumi ini berasal?

Minyak Bumi Itu Apa, ya?

Minyak bumi berasal dari tumbuhan dan hewan yang telah hidup berjuta-juta tahun lamanya di dalam dan di sekitar lautan. Tumbuhan dan hewan ini terkubur oleh lapisan-lapisan lumpur dan pasir yang akhirnya mengeras dan membatu. Lalu di bawah tekanan yang sangat besar, semuanya berubah menjadi minyak bumi dan gas alam.

Minyak Bumi Dapat Ditemukan di Mana Saja?

Minyak bumi ini sering ditemukan di waduk-waduk besar di daerah batuan endapan yang memiliki pori-pori ribuan meter dalamnya di bawah tanah. Namun ada juga yang ditemukan pada kolam-kolam di permukaan bumi.

Negara-negara penghasil minyak terbesar adalah Rusia, Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Iran.

Baca juga : Manfaat Lumut Hati

Apa Manfaat Minyak Bumi Itu?

Minyak mentah dari bawah tanah diangkut ke tempat penyulingan untuk diolah menjadi beberapa manfaat bagi manusia. Misalnya untuk dijadikan bensin, minyak tanah, bahan bakar diesel dan pesawat jet, serta minyak pemanas. Selain itu, minyak bumi juga dimanfaatkan untuk membuat bahan-bahan lain seperti plastik, lilin, pupuk, aspal, tinta, dan detergen.