Eiffel, Menara Kebanggan Prancis

By willa widiana, Rabu, 29 November 2017 | 10:00 WIB
Eiffel, Menara Kebanggan Prancis (willa widiana)

Beberapa negara punya menara yang bisa dibanggakan. Prancis adalah salah satunya. Negara ini punya Menara Eiffel yang bisa dibanggakan. Cari tahu kisah tentang Menara Eiffel lebih banyak, yuk!

Menjulang

Awalnya, tinggi Menara Eiffel adalah 297 meter. Namun, pada tahun 1959, bagia atasnya ditambah antena radio. Akhirnya, tinggi Menara Eiffel pun bertambah menjadi 315 meter. Berkat tingginya yang menjulang, Menara Eiffel bisa dilihat dari semua sudut Kota Paris.

Nama Belakang

Nama Eiffel diambil dari nama belakang pembuatnya, Alexander Gustav Eiffel. Ia adalah seorang insinyur teknik. Sebelum membangun Menara Eiffel, beliau pernah membangun jembatan besi kereta api yang melintas di Sungai Garonne, di Bordeaux, Prancis.

Baca Juga: Ferdinand Monoyer, Oftalmologis Terkenal dari Prancis

Tiga Bagian

Menara besi ini punya tiga bagian. Pelataran pertama ada di ketinggian 57 meter. Pelataran kedua ada di ketinggian 115 meter. Pelataran ketiga ada di ketinggian 276 meter. Di Menara Eiffel, ada lift yang bisa membawa kita hingga ke pelataran ketiga.

O iya, Teman-teman, dari pelataran pertama saja kita sudah bisa melihat seluruh Kota Paris. Kalau kita naik hingga pelataran ketiga, kita-kira mata kita bisa memandang sampai ke mana, ya?

Teks: Rna/Willa, Foto: Creative Commons