Energi Fosil yang Terbatas

By Sylvana Toemon, Minggu, 28 Januari 2018 | 03:10 WIB
Energi fosil adalah energi yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan. (Sylvana Toemon)

Bobo.id – Energi fosil makin lama makin berkurang. Padahal energi ini digunakan di seluruh dunia. Apakah energi fosil itu?

Baca juga: 8 Bentuk Energi

Sisa Makhluk Hidup

Energi fosil adalah energi yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dan hewan dari masa prasejarah yang tertimbun tanah selama berjuta-juta tahun berubah bentuk.

Tumbuhan berkayu berubah menjadi batu bara. Hewan-hewan kecil berubah menjadi minyak bumi. Energi ini diubah menjadi energi panas, cahaya, atau kinetik.

Baca juga: Minyak Bumi Itu Apa, Ya?

Digunakan di Seluruh Dunia

Kita menggunakan energi fosil untuk berbagai keperluan. Batu bara digunakan untuk bahan bakar industri. Minyak bumi digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

Kendaraan bermotor yang sering kamu gunakan pasti juga menggunakan energi fosil ini, dalam bentuk minyak bumi yang sudah diolah.

Minyak bumi memang digunakan menjadi bahan bakar di seluruh dunia. Tak heran, negara yang memiliki sumber minyak bumi akan menjadi negara yang kaya.

Baca juga: Sumber Energi Terbarukan di Sekitar Kita

Persediaannya Akan Habis

Di negara kita, jumlah energi fosil sangat berlimpah. Sumber batu bara dan minyak bumi ditemukan di banyak daerah. Energi fosil memberikan banyak penghasilan kepada negara kita selama bertahun-tahun.

Namun, makin lama jumlah energi fosil akan berkurang, bahkan bisa habis. Bayangkan saja, untuk dapat berubah menjadi sumber energi diperlukan waktu berjuta-juta tahun. Sedangkan untuk menghabiskannya hanya diperlukan beberapa hari. Kalau kita menggunakan energi fosil lebih banyak dari persediaan, suatu saat nanti persediaannya akan habis. Yuk, kita menghemat energi.