Ini 4 Kelompok Orang yang Tidak Bisa Mendapatkan Vaksin COVID-19, Salah Satunya Anak-Anak

By Avisena Ashari, Senin, 11 Januari 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi pemberian vaksin (Photo by Gustavo Fring from Pexels)

Bobo.id - Sejak awal masa pandemi COVID-19, para ilmuwan berusaha meneliti virus SARS CoV-2, termasuk menyiapkan vaksin.

Vaksinasi diperlukan untuk membantu menguatkan kekebalan tubuh, dengan cara menyiapkan tubuh melawan penyakit dengan memicu respon sistem imun tubuh.

Setelah proses penelitian yang panjang, saat ini sudah ada beberapa macam vaksin COVID-19.yang didistribusikan ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, teman-teman.

Tapi, tidak semua orang akan menerima vaksin COVID-19.

Bersumber dari Kompas.com, ada beberapa kelompok orang yang tidak bisa menerima vaksin ini karena kondisi tertentu.

Yuk, kita cari tahu beberapa kelompok orang yang tidak bisa menerima vaksin COVID-19!

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Jadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin Corona, Ini Kata BPOM Soal Keamanan Vaksin Corona

Kelompok yang Tidak Mendapatkan Vaksin COVID-19

1. Orang yang Memiliki Alergi terhadap Bahan dalam Vaksin

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada beberapa orang yang mengalami reaksi alergi setelah mendapatkan vaksin.

Sehingga, CDC menyarankan orang yang memiliki reaksi alergi terhadap salah satu bahan vaksin COVID-19 untuk tidak melakukan vaksin.

Orang yang pernah mengalami reaksi alergi parah terhadap vaksin lain atau terapi suntik perlu berkonsultasi dengan dokter lebih dulu.

Namun, orang yang memiliki alergi namun tidak berhubungan dengan vaksin masih bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19. Misalnya alergi pada makanan, hewan peliharaan, atau hal lainnya.

Baca Juga: Bukan Lagi 3M, Masyarakat Dianjurkan untuk Terapkan 5M untuk Cegah Penularan COVID-19, Apa Saja Itu?