Menjadi Salah Satu Ikan yang Beracun, Ketahui 4 Keunikan Ikan Buntal yang Bisa Menggembungkan Tubuhnya

By Thea Arnaiz, Senin, 18 Oktober 2021 | 17:10 WIB
Ketahui fakta-fakta unik dari ikan buntal. (Foto oleh Jeffry Surianto dari Pexels)

Bobo.id - Tahukah teman-teman apa itu ikan buntal? Ikan buntal ini adalah salah satu spesies ikan yang hidup di air lau atau air payau.

Ikan buntal mempunyai nama ilmiah Tetraodontidae, yang diambil dari jensi racun ikan buntal yaitu tetrodotoxin.

Dengan jenis racun tersebut, ikan buntal menjadi ikan yang paling beracun di dunia! Zat tetrodotoxin ini sangat berbahaya bagi ikan lain maupun manusia dan 1.200 kali lebih berbahaya daripada racun sianida.

Perlindungan diri jenis ini memungkinkan ikan buntal bisa selamat dari ancaman predator, apalagi ikan buntal tidak mempunyai keahlian berenang cepat jadi tidak bisa segera menghindari predator.

Untuk mengetahui fakta unik lainnya dari ikan buntal teman-teman bisa menyimak pembahasan berikut ini. Yuk, kita cari tahu lebih lanjut.

Baca Juga: Laba-Laba Tak Pernah Terperangkap di Jaringnya Sendiri, Ini 4 Fakta Unik Laba-Laba

1. Populasi dan Keunikan Fisik

Ikan buntal mempunyai berbagai macam spesies sampai 120 jenis spesiesnya di seluruh dunia. Ikan buntal biasanya akan hidup di perairan laut bagian tropis dan subtropis.

Ciri fisik dari ikan buntal adalah bisa tumbuh sampai 2 meter, lo. Tubuh nya memanjang dengan kepala yang berbentuk bulat.

Ikan buntal juga mempunyai warna-warna yang cerah karena mengandung racun. Tapi beberapa juga ikan buntal bisa berkamuflase dengan lingkungannya agar tidak mudah ditemukan oleh musuhnya.

Tidak seperti ikan lainnya yang bersisik, ikan buntal mempunyai kulit yang kasar dan runcing. Giginya juga tajam dan panjang dan sekilas terlihat seperti paruh.

Jika sudah terlalu panjang ikan buntal akan memotong giginya dengan cara menggosok-gosokkan ke terumbu karang.