Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda Bisa Berbeda Meski dalam Satu Pulau, Ini Penjelasannya

By Niken Bestari, Selasa, 28 Desember 2021 | 15:45 WIB
Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda bisa sangat berbeda karena persaingan leluhur Suku Jawa dan Suku Sunda pada zaman dulu. (Pixabay.com/Mas Bebet)

Bobo.id - Indonesia memiliki keragaman budaya yang unik

Keragaman pada budaya Indonesia ini disebabkan oleh banyaknya perbedaan suku, sejarah, hingga interaksi sosial pada masyarakat kuno dulu.

Keragaman ini juga ada di Pulau Jawa. Pernahkah teman-teman penasaran mengapa masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur umumnya menggunakan Bahasa Jawa, sedangkan masyarakat di daerah Jawa Barat umumnya menggunakan Bahasa Sunda?

Bahasa Jawa dan bahasa Sunda pun sangat berbeda. Orang yang sehari-hari menggunakan Bahasa Jawa umumnya tidak fasih dengan bahasa Sunda, begitu pun sebaliknya.

Padahal, sama-sama berasal dari satu Pulau Jawa, lalu mengapa bahasa Jawa dan Sunda sangat berbeda?

Untuk mengetahui alasan dan asal-usulnya, simak artikel ini lebih lanjut, yuk!

Baca Juga: 10 Contoh Peribahasa Jawa, Lengkap Beserta Arti dalam Bahasa Indonesia

Perbedaan Leluhur Suku Jawa dan Sunda

Kalau teman-teman cermati, sebagian besar masyarakat di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng), menggunakan bahasa Jawa.

Meski logat atau dialeknya berbeda, secara umum, orang Jateng dan Jatim bisa saling memahami. Namun, akan berbeda kalau berada di Jawa Barat (Jabar).

Walau berada di pulau yang sama, sebagian besar orang Jabar memakai Bahasa Sunda, yang cukup jauh berbeda dengan Bahasa Jawa.

Padahal, tidak ada batas wilayah atau geografi yang kontras antara wilayah Jabar dengan Jateng, lo.

Lantas, apa penyebab perbedaan bahasa yang kontras ini?