Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Apa Manfaat Penemuan Konsep Tata Surya Bagi Kehidupan Manusia?

By Thea Arnaiz, Rabu, 23 Maret 2022 | 08:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, apa manfaat penemuan konsep tata surya bagi kehidupan manusia. (Foto oleh Adam Krypel dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 3, pembelajaran 5, tepatnya halaman 124, materinya adalah menjelaskan perkembangan teori tata surya.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa menyimak materinya secara singkat terlebih dulu.

Perkembangan teori tata surya, dimulai ketika pada masa itu manusia percaya kalau Bumi adalah pusat tata surya.

Lalu, setelah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh Copernicus, ternyata pusat tata surya bukanlah Bumi, melainkan Matahari.

Pendapat ini didukung oleh Galileo Galilei, setelah ia berhasil mengembangkan teleskopnya.

Sejak saat itulah, manusia berlomba-lomba meneliti benda-benda langit yang ada di tata surya.

Pengetahuan mengenai alam semesta terus berkembang dan banyak menghasilkan teori-teori tentang pembentukan tata surya.

Salah satu teori pembentukan tata surya adalah Teori Big Bang, hasil pengamatan Ralph Alpher, George Gamow, dan Robert Herman.

Teori ini menyatakan kalau tata surya terus mengembang dan tidak mempunyai batas.

Baca Juga: Cara Melakukan Gerakan Dasar Mengambang, Materi Kelas 3 SD Tema 7

Awalnya, tata surya dihasilkan oleh suatu ledakan besar dan terjadi tiba-tiba. Karena, materi-materi ledakan memadat, tertekan, bergesekkan, dan mengembang dalam waktu yang sangat cepat.

Lama-kelamaan tata surya ini semakin mengembang dan menjauhi pusat ledakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang materi ini, teman-teman bisa mengerjakan soal-soal berikut ini. Yuk, kerjakan! 

1. Jelaskan pendapatmu tentang manfaat penemuan-penemuan konsep tata surya bagi kehidupan manusia! 

Jawaban: 

Manfaat penemuan konsep tata surya bagi manusia, yaitu. 

- Dapat mempelajari benda-benda langit 

Setelah mempelajari penemuan konsep tata surya, manusia jadi bisa mempelajari benda-benda langit bergerak.

Pergerakan Bumi, Bulan, dan planet-planet lainnya. Terutama pergerakan Bumi dan Bulan yang memengaruhi sistem penanggalan manusia.

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Gelombang dan Getaran Bunyi

Pergerakan Bumi terhadap Matahari juga membuat manusia mempelajari pergantian musim. 

- Mempelajari bahan-bahan penyusun benda-benda langit 

Di tata surya kita, banyak benda-benda langit yang tersusun dari beberapa zat, mulai dari gas hingga es.

Akibat mempelajari konsep tata surya, kita dapat mengetahui apa saja komponen penyusun sebuah benda langit.

Kita juga mengetahui komponen penyusun atmosfer Bumi atau planet-planet lainnya. 

- Mengetahui ciri-ciri benda langit 

Setiap benda-benda langit juga mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Baik dari segi penyusunnya, bentuk, dan pola mengorbit Matahari.

Contohnya, seperti Komet yang mempunyai orbit lonjong dan jauh dari Matahari. 

2. Tuliskan contoh bukti adanya perkembangan pengetahuan dan teknologi di bidang astronomi yang kamu ketahui! Tuliskan tokoh, masa dan jenis penemuannya! 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Olahraga Air Berenang

Jawaban: 

- Penemuan roket oleh Robert Goddard pada 1926. 

- Penemuan teleskop Hubble oleh Edwin Hubble pada 1990. 

- Penemuan Planet Neptunus oleh Urbain Le Verrier pada 1846. 

- Penemu teori evolusi bintang oleh S. Chandrasekhar pada 1930. 

Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah. 

Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Luar Angkasa, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Erlangga. 

Kuis!

Siapa penemu Teori Big Bang?

Petunjuk: Cek halaman 1!

Tonton video ini, yuk! 

----  

Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.