Seribu Tahun Lalu, 8 Planet Tata Surya Posisinya Sempat Sejajar, Kapan Fenomena Ini Terjadi Lagi?

By Grace Eirin, Kamis, 21 April 2022 | 16:15 WIB
Ternyata planet-planet di Tata Surya pernah berada di posisi yang sejajar. (macrovector/freepik)

Bobo.id - Teman-teman, tahukah kamu bagaimana urutan planet di tata surya dari yang paling dekat dengan matahari hingga yang paling jauh?

Jika diurutkan berdasarkan jarak yang paling dekat dengan matahari, maka urutannya yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. 

Semua planet tersebut bergerak mengelilingi matahari sebagai orbitnya, yang disebut revolusi. 

Nah, setiap planet ini memiliki waktu revolusi yang berbeda-beda, teman-teman. Contohnya Venus karena membutuhkan waktu 243 hari untuk berputar mengitari Matahari. 

Sementara Bumi membutuhkan kurang lebih 365 hari untuk bisa berputar mengitari Matahari dari posisi awal hingga kembali ke posisi semula. 

Setelah mengetahui hal ini, kita mulai penasaran, apakah mungkin semua planet di Tata Surya berada pada satu garis sejajar? 

Fenomena 1.000 Tahun Lalu

Dilansir Science Focus, orientasi dan kemiringan orbit setiap planet menyebabkan, 8 planet utama tata surya ini tidak akan pernah bisa sejajar sempurna.

Terakhir kali mereka muncul bahkan di bagian langit yang sama adalah lebih dari 1.000 tahun yang lalu, yaitu pada 949 M.

Baca Juga: Apakah Manusia Bisa Hidup dan Tinggal di Ruang Angkasa? Ini Penjelasannya

Lalu, kira-kira kapan fenomena tersebut akan terjadi lagi? Delapan planet akan kembali hampir sejajar pada 6 Mei 2492 atau lebih dari 4 abad lagi.

Sekitar setengah abad, planet-planet paling terang mengambil posisi di langit malam menciptakan kesan berada dalam garis lurus.