Bagaimana Cara Membuat Akun PPDB Jawa Tengah 2022/2023?

By Thea Arnaiz, Kamis, 16 Juni 2022 | 14:00 WIB
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022/2023 untuk wilayah Jawa Tengah sudah dimulai, inilah cara membuat akunnya. (Foto oleh Katerina Holmes)

Bobo.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022/2023 untuk wilayah Jawa Tengah sudah dimulai.

Oleh karena itu, teman-teman perlu membuat akun PPDB, agar memudahkan pendaftaran ke sekolah yang dituju sebagai calon peserta didik.

PPDB menerima peserta didik baru melalui empat jalur, yaitu jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua.

Bagi teman-teman yang mendaftar menggunakan salah satu jalur tersebut, tetap mendaftar secara online atau dalam jaringan dan membuat akunnya melalui laman ppdb.jatengprov.go.id.

Lalu, bagaimana cara membuat akun PPDB, sehingga bisa mendaftar sesuai jadwal? Untuk mengetahuinya, kita bisa menyimak informasinya seperti berikut. Yuk, simak! 

Cara Membuat Akun PPDB Jawa Tengah 2022/2023 

Hal pertama yang harus teman-teman lakukan adalah dengan membuat akun di laman ppdb.jatengprov.go.id, inilah langkah-langkah yang harus diikuti. 

- Bukalah laman ppdb.jatengprov.go.id pada aplikasi browser yang ada di laptop atau ponsel. 

- Setelah itu, pilihlah jenis jalur yang ingin teman-teman lakukan, yaitu ada jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua. 

Baca Juga: BERITA POPULER: Link Pengumuman PPDB Jakarta 2022 hingga Kasus Harian COVID-19 yang Naik Drastis

- Jika sudah memilih jenis jalur, pilihlah ajukan akun pada pilihan berikutnya. Nanti, akan muncul kotak dialog yang mengharuskan kita mengisi data sebagai calon peserta didik baru, seperti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sekolah asal, tahun lulus, dan lain-lain hingga semuanya lengkap dan datanya sudah benar. 

- Jangan lupa, siapkan juga berkas-berkas yang dibutuhkan agar bisa diunggah ke laman ppdb.jatengprov.go.id dan bisa mengajukan akun.