3 Penyakit pada Anjing dan Cara Pengobatannya, Jangan sampai Terabaikan

By Grace Eirin, Selasa, 12 Juli 2022 | 19:50 WIB
Tidak hanya manusia, ternyata anjing bisa mengalami diabetes. Begini cara mengobatinya. (Goochie Poochie Grooming/pexels)

Bobo.id - Semua hewan peliharaan bisa mengalami penyakit, termasuk anjing. Bahkan beberapa jenis penyakit pada anjing ternyata sama seperti penyakit manusia. 

Bagi para pemilik anjing peliharaan di rumah, kesehatan anjing perlu diperhatikan, mulai dari makanan yang harus diberikan, kebersihan lingkungan, hingga tanda-tanda saat sakit. 

Hal tersebut perlu diketahui oleh pemilik anjing agar dapat mencegah terjadinya penyakit yang lebih parah, serta mendapatkan pengobatan secara cepat dan tepat. 

Nah, berikut ini 3 penyakit pada anjing dan cara pengobatannya yang harus kamu ketahui. 

1. Diare pada Anjing

Diare merupakan salah satu dari beragam penyakit pada anjing yang juga banyak dialami hewan peliharaan lainnya. 

Seperti pada manusia, diare pada anjing juga ditandai dengan feses yang encer dan berair. 

Diare pada anjing ini bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya makan sembarangan tanpa sepengetahuan kita, hingga tidak sengaja mendapatkan virus dari lingkungan sekitarnya. 

Penyakit diare yang terjadi pada anjing tidak boleh disepelekan, apalagi jika sudah terjadi selama berhari-hari. Maka, kamu wajib membawanya ke dokter hewan. 

Baca Juga: Pantas Anjing Mudah Bersahabat dengan Manusia, Ternyata Ini Sebabnya

Meskipun dalam beberapa kasus, diare pada anjing bisa sembuh dengan sendirinya, kita perlu tahu bagaimana pengobatannya. 

Penting untuk dipahami oleh semua pemilik anjing, kita tidak boleh memberikan obat secara bebas yang dibeli sendiri tanpa resep dokter.