Algoritma Pemrograman: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

By Niken Bestari, Kamis, 6 Oktober 2022 | 09:30 WIB
Algoritma pemrograman: pengertian, fungsi, dan cara kerjanya. (Freepik)

Bobo.id - Tahukah teman-teman apa itu algoritma pemrograman?

Pada buku pelajaran Informatika kelas 7 SMP kurikulum Merdeka, teman-teman menemukan materi algoritma pada Bab 2: Berpikir Komputasional.

Materi algoritma adalah materi dasar informatika yang sangat penting dipahami, supaya teman-teman tidak bingung saat belajar di tingkat lanjut, ya.

Materi algoritma juga teman-teman temukan lagi pada Bab 7: Algoritma dan Pemrograman. Yuk, kita pelajari algoritma pemrograman!

Apa Itu Algoritma Pemrograman?

Pengertian algoritma secara umum adalah sekumpulan langkah-langkah berurutan yang jelas yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah.

Sama seperti pengertian secara umum, pengertian algoritma pemrograman adalah suatu alur yang digunakan pada suatu perhitungan atau pemecahan suatu masalah secara sistematis.

Dalam kegiatan pemrograman, algoritma biasanya dianggap sebagai sebuah logika untuk menentukan program yang akan dibuat.

Dalam pengertian lain, algoritma pemrograman adalah serangkaian proses yang wajib diikuti dalam suatu perhitungan pemecahan masalah yang lain, terutama pada program komputer.

Algoritma pemrograman berfungi sebagai suatu pemecahan masalah dengan suatu susunan yang logis berdasarkan sistematika tertentu.

Apa Fungsi Algoritma Pemrograman?

Baca Juga: Algoritma: Pengertian, Fungsi, Ciri, dan Contohnya, Materi Informatika Kurikulum Merdeka