Anak Perlu Belajar Tata Bahasa Inggris yang Tepat, Kumon Hadirkan Program EFL sebagai Solusi

By ADV PI, Selasa, 18 Oktober 2022 | 19:07 WIB
Dua anak sedang mengerjakan latihan dari lembar kerja Kumon Bahasa Inggris. (Kumon)

 

Bobo.id -- Ketika belajar bahasa Inggris, sebagian besar anak menganggap bahwa tata bahasa atau grammar merupakan bagian yang paling sulit dikuasai. Bahkan, penguasaan grammar bahasa Inggris yang tepat juga sulit bagi orang dewasa. Tak sedikit orang dewasa yang sudah lama belajar bahasa Inggris masih keliru dalam hal grammar. 

Grammar memang bukan "menu" utama dalam pelajaran bahasa Inggris. Namun, penguasaan grammar yang tepat sangat penting untuk memperkuat struktur bahasa dan meningkatkan kefasihan berbahasa Inggris. Hal ini pun berlaku pada saat mempelajari bahasa asing lainnya. 

Kemampuan bercakap atau conversation dalam bahasa Inggris memang lebih cepat dikuasai oleh anak. Meski demikian, kemampuan tersebut harus disokong dengan pemahaman grammar. 

Saat belajar grammar, anak mempelajari cara membentuk kalimat dan percakapan yang baku, baik, dan sesuai kaidah bahasa Inggris. Membaca, menulis, mendengar, dan berbicara dalam bahasa Inggris juga menjadi lebih mudah ketika menguasai grammar

Dengan memahami grammar, anak mengetahui susunan kata, frasa, dan kalimat yang tepat untuk digunakan pada berbagai situasi, termasuk mengetahui tingkat kesopanan berbahasa (politeness level) yang perlu digunakan. Bukan hanya itu, grammar juga sangat penting untuk menguasai bahasa Inggris secara akademis.

Baca Juga: 30 Contoh Kalimat Present Perfect Tense: Positif, Negatif, dan Tanya

Grammar memiliki peran yang signifikan dalam berkomunikasi. Penggunaan kalimat dengan grammar yang tepat dapat menghindari salah paham. Kata-kata yang diucapkan atau dituliskan tidak menyebabkan kebingungan. 

Pembimbing Kumon memberikan pujian dan semangat kepada anak dalam mengerjakan lembar kerja Kumon. (Kumon)

Meski terkesan sulit dan banyak hal yang harus diperhatikan saat mempelajari grammar, tak ada salahnya mencoba mempelajarinya secara perlahan dan bertahap. Selain belajar secara otodidak, solusi lain untuk belajar grammar adalah dengan mengikuti program belajar bahasa Inggris seperti yang ditawarkan oleh Kumon.

Kumon menawarkan program yang dapat menjadi solusi untuk belajar grammar bahasa Inggris melalui Program English as a Foreign Language (EFL).

Program ini dapat memperkaya kosa kata dan membantu siswa mempelajari unsur-unsur tata bahasa baru melalui audio dari penutur bahasa asli (native speaker). Siswa akan diminta menulis kembali beberapa kalimat berbahasa Inggris yang mereka baca pada teks. Siswa juga mempelajari struktur penulisan bahasa Inggris dengan tepat.

Baca Juga: 6 Contoh Dialog Membuat Permintaan atau Making Request Bahasa Inggris

Selain itu, siswa juga akan menjadi terbiasa dengan percakapan sehari-hari serta belajar menulis dalam bahasa Inggris. Kumon memiliki kurang lebih 800 kelas serta lebih dari 100.000 siswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Kumon kerap kali membuka kesempatan coba gratis kepada calon siswa.

Untukmengetahui program dan informasi lebih lengkap tentang Kumon, Anda dapat mengunjungi link https://id.kumonglobal.com/for-parents/our-programmes/ Laman tersebut berisi penjelasan mengenai kursus bahasa Inggris EFL dan program kursus Matematika. Jangan lupa ikuti akun Instagram dan Facebook Kumon.