7 Nilai Penting dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

By Niken Bestari, Kamis, 15 Desember 2022 | 12:30 WIB
Apa saja nilai-nilai penting dalam peristiwa Sumpah Pemuda? Simak pembahasan nilai-nilai penting Sumpah Pemuda di sini, yuk! (intisari.grid.id)

Bobo.id - Tahukah teman-teman apa saja nilai-nilai penting dalam Sumpah Pemuda? Sebagai salah satu peristiwa terpenting bagi bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 memiliki nilai-nilai penting bagi Indonesia.

Sebelum kita membahas mengenai nilai-nilai penting dalam Sumpah Pemuda, kita ketahui dulu sejarah singkat Sumpah Pemuda.

Peristiwa Sumpah Pemuda menjadi titik balik bagi sejarah Pergerakan Nasional bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda membuat timbulnya persatuan dan kesatuan dari bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan secara bersama-sama.

Saat itu perkumpulan cendekiawan muda Indonesia bergabung dalam satu wadah pergerakan. Pergerakan itu menyusun dan mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda dilaksanakan saat Kongres Pemuda II pada 27 sampai 28 Oktober 1928.

Kongres Pemuda II bisa terlaksana karena adanya gagasan dari PPPI atau Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia.

Hasil Kongres Pemuda II inilah yang kemudian menjadi dasar bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dari proses panjang itulah, terdapat nilai-nilai penting dalam Sumpah Pemuda.

Nilai-Nilai Luhur Sumpah Pemuda

Peristiwa Sumpah Pemuda memiliki banyak nilai-nilai penting yang wajib untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bermasyarakat maupun bernegara.

Beberapa nilai penting dalam Sumpah Pemuda, di antaranya:

1. Nilai Persatuan

Peristiwa Sumpah Pemuda dihadiri oleh berbagai organisasi dan perhimpunan daerah dari seluruh wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Teks Sumpah Pemuda