Macam-Macam Sumber Daya yang Menjadi Keunggulan Tiap Negara ASEAN

By Niken Bestari, Selasa, 31 Januari 2023 | 13:00 WIB
Apa sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN? Kita bahas contohnya di artikel ini, yuk! (Thuận Tiện Nguyễn)

Bobo.id - Tiap negara ASEAN memiliki sumber daya yang menjadi keunggulan dan memberi keuntungan pada negara masing-masing.

Sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN ini kita juga pelajari pada materi pelajaran tematik kelas 6 tema 7 subtema 1.

Mengetahui sumber daya yang menjadi keunggulan negara ASEAN bisa membantu kita mengidentifikasi kesejahteraan dan peranan Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN.

ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Association of Southeast Asian Nations) adalah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN didirikan di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Perbara oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Saat ini, negara-negara anggota ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Timor Leste.

Salah satu tujuan ASEAN bahu membahu meningkatkan kesejahteraan rakyat, salah satunya dengan mengadakan perdagangan sumber daya unggulan dengan sesama anggota ASEAN.

Apa saja sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN?

Kita simak berikut ini, ya!

Sumber Daya Unggulan Tiap Negara ASEAN

1. Indonesia

Baca Juga: Profil 5 Tokoh Pendiri Organisasi Regional ASEAN Beserta Negara Asalnya