Apakah Anjing Bisa Bertahankan Hidup Tanpa Kehadiran Manusia? Ini Penjelasannya

By Fransiska Viola Gina, Rabu, 1 Maret 2023 | 18:30 WIB
Bisakah anjing hidup tanpa kehadiran manusia? (Pexels/Helena Lopes)

Bobo.id - Anjing dikenal sebagai hewan yang setia. Itulah mengapa banyak orang memilih anjing sebagai hewan peliharaannya.

Banyak orang yang sudah merasakan kesetiaan anjing. Bahkan, kesetiaan anjing ini pernah diangkat menjadi sebuah film berjudul 'Hachiko'.

Dalam film itu, anjing bernama Hachiko selalu menunggu setiap hari di tempat yang sama, bahkan di hari pemiliknya sudah tiada.

Tak hanya setia, kebanyakan anjing juga tidak pernah malu-malu untuk mengekspresikan rasa cinta dan sayangnya pada manusia. 

Selain itu, anjing juga cocok untuk dijadikan penjaga andalan karena mereka akan selalu ada ketika kita merasa terancam, lo. 

Bukan tanpa alasan, hal ini karena diketahui anjing sudah hidup berdampingan dengan manusia sejak jutaan tahun yang lalu. 

Melihat fakta itu, akankah anjing bisa bertahan hidup sendiri tanpa adanya manusia? Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini, yuk!

Hidup Berdampingan Sejak 1,8 Jutaan Tahun Lalu

Peneliti menemukan bukti kalau manusia awal yang tinggal di Afrika berbagi lingkungannya dengan anjing pemburu. 

Bukti yang ditemukan adalah kerangka manusia purba dan sisa tulang anjing pemburu. Diperkirakan usianya sekitar 1,8 juta tahun.

Peneliti mengatakan, anjing pemburu itu masuk dalam spesies Canis Lycaonoides atau yang disebut juga dengan anjing pemburu Eurasia.

Baca Juga: Bikin Haru, Anjing Ini Akhirnya Diselamatkan Setelah Menunggu 2 Hari di Tanah Kosong