Dongeng Anak: Mimpi Kim Kyong Sin #MendongenguntukCerdas

By Sarah Nafisah, Sabtu, 25 Maret 2023 | 19:30 WIB
Dongeng Anak: Mimpi Kim Kyong Sin (@charlottc via Canva)

Bobo.id - Teman-teman pasti pernah bermimpi saat tidur. Terkadang beberapa orang suka penasaran dengan arti mimpi.

Mimpi sering kali diartikan sebagai sebuah firasat atau pertanda atas terjadinya sesuatu.

Hal itulah yang dialami bangsawan bernama Kim Kyon Sin dalam dongeng anak yang diambil dari legenda Korea ini.

Ia bermimpi melepaskan topi bangsawannya, lalu memakai topi putih rakyat jelata. Ia kemudian masuk ke sumur di kuil Chon Gwan, sambil memegang harpa dua belas senar. 

Kira-kira apa arti mimpi Kim Kyong Sin itu, ya? Cari tahu lewat dongeng hari ini, yuk!

Mimpi Kim Kyong Sin

Cerita oleh: Dok. Majalah Bobo

Kim Kyong Sin adalah seorang bangsawan yang masih ada hubungan keluarga dengan Raja Sun Duk Wang. Ia menjadi menteri saat Raja Sun Duk Wang berkuasa di Kerajaan Silla. Suatu malam, Kim Kyong Sin bermimpi. Dalam mimpinya, ia melepaskan topi bangsawannya, lalu memakai topi putih rakyat jelata. Ia kemudian masuk ke sumur di kuil Chon Gwan, sambil memegang harpa dua belas senar. 

Kim Kyong Sin terbangun dan merasa gelisah. Ia menceritakan mimpinya pada salah satu menteri kerajaan yang bisa meramal. Menteri itu kurang suka pada Kim Kyong Sin, sehingga ia meramal hal yang buruk. 

Menteri itu berkata, "Membuka topi bangsawanmu, berarti kau tidak akan menjadi menteri lagi. Raja akan memecatmu. Masuk ke sumur, berarti kau akan dipenjara. Harpa dua belas senar, artinya sampai keturunanmu yang keduabelas akan hidup menderita.”  

Kim Kyong Sin sangat sedih dan ketakutan. Sejak hari itu, ia tidak berani keluar dari rumahnya dan menanti datangnya nasib buruk.  

Baca Juga: Dongeng Anak: Kotaji Sang Ahli Panah #MendongenguntukCerdas