5 Rekomendasi Tempat Makan Nasi Pecel di Madiun, Legendaris dan Lezat!

By Fransiska Viola Gina, Kamis, 29 Juni 2023 | 18:00 WIB
Rekomendasi tempat makan nasi pecel di Madiun. (MielPhotos2008/iStockphoto)

Bobo.id - Kalau sedang berada di Kota Madiun, maka tak lengkap rasanya kalau tidak mencoba makanan khasnya.

Selain nasi jotos, rujak petis, dan lontong tahu telur, Madiun punya makanan khas lain yang wajib dicoba. Yap, pecel!

Bahkan, ada yang menyebut Madiun sebagai Kota Pecel, lo. Tidak heran, sebab Madiun dipercaya sebagai kota kelahiran pecel.

Saking eratnya sebutan kota pecel, di beberapa ruas jalan menuju Kota Madiun terdapat patung penjual nasi pecel yang melayani pembeli. 

Meskipun kita bisa menemukan pecel di berbagai daerah, namun tetap saja pecel yang juara adalah pecel dari kota asalnya, Madiun.

Pecel sendiri merupakan makanan yang sehat yang berisi nasi, aneka sayuran, dan disiram dengan sambal kacang yang lezat. 

Daripada penasaran, berikut ini Bobo punya beberapa rekomendasi tempat makan nasi pecel yang legendaris di Madiun. Simak, yuk!

1. Depot Nasi Pecel Madiun 99

Depot Nasi Pecel Madiun 99 terletak di Jalan Cokroaminoto Nomor 99, Kejuron, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur

Tempat makan ini termasuk legendaris karena sudah ada sejak 1987. Jadi tak heran banyak orang bahkan public figur yang makan di sini.

Disajikan dalam bentuk pincuk, pecel di sini berisi nasi dan beraneka ragam sayuran ijau, tauge, lamtoro, daun kemangi, hingga serundeng.

Nasi pecel itu kemudian disiram dengan sambal pecel yang khas, dibuat dengan resep rahasia pendirinya, yakni Bapak Karyono.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Klathak Khas Yogyakarta, Mana Saja?