'Ihwal Nama Majid Pucuk ' Terpilih Menjadi Cerpen Terbaik di Malam Anugerah Cerpen Pilihan Kompas 2022

By Corry Samosir, Minggu, 29 Oktober 2023 | 13:30 WIB
Karya Kak Agus Khaidir dengan judul Ihwal Nama Majid Pucuk, Pemenang Cerpen Pilihan Kompas 2022. (doc.Corry/Liputan)

Bobo.id - Teman-teman, Bobo baru saja menghadiri acara Malam Anugerah Cerpen Pilihan Kompas 2022, lo.Acara tersebut digelar di Bentara Budaya Jakarta, pada Jumat (27/10/2023).Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Ibu Suharti dan Bapak Sutta Dharmasaputra selaku Pemimpin Redaksi Kompas.id dan jajaran pimpinan Kompas Gramedia.O iya, Malam Anugerah Cerpen Kompas ini menjadi acara puncak dari rangkaian Festival Kata yang mengusung tema ”Merawat Literasi, Merawat Kebudayaan”.Di acara Malam Anugerah Cerpen Pilihan Kompas 2022, diumumkan 20 nominasi cerpen terpilih dari 49 judul.Sepanjang 2022, ada 3.107 lebih cerpen yang masuk ke redaksi Harian Kompas.

Setelah melalui proses pemilihan yang ketat, hanya 49 cerpen yang terbit di harian ini pada 2022.Dari 20 nominasi yang dibacakan, salah satunya yang pilih menjadi cerpen terbaik yaitu karya Kak T. Agus Khaidir dengan judul Ihwal Nama Majid Pucuk.

Cerpen berjudul Ihwal Nama Majid Pucuk itu mengangkat tema sosial.Pemenang Cerpen Pilihan Kompas 2022 pun langsung dibacakan oleh Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasuputra."Peraih penghargaan cerpen terbaik Kompas 2022 Ihwal Nama Majid Pucuk karya T. Agus Khaidir," ujar Bapak Sutta Dharmasaputra.

20 nominasi yang terpilih di Cerpen Pilihan Kompas 2022. (doc.Corry/Liputan)

Baca Juga: PO Edisi Koleksi Terbatas 50 Tahun Majalah Bobo Cerpen dan Dongeng Sudah Dibuka, Ini Link-nya

 Sementara itu, Kak Agus pun mengungkap rasa bahagianya saat terpilih menjadi pemenang Cerpen Pilihan Kompas 2022.Bahkan, ia juga tidak menduga cerpennya terpilih menjadi cerpen terbaik Kompas.

Karena menurutnya masih banyak karya lain yang lebih bagus dan sangat sastrawi.Setelah pengumuman pemenang Anugerah Cerpen Kompas, acara tersebut dilanjutkan dengan bincang-bincang bersama pemenang Cerpen Pilihan Terbaik Kompas 2022 dan musisi Bonita & Adoy menginterpretasikan cerpen Kak Agus.Berikut dua puluh nominasi cerpen yang diumumkan dalam acara Malam Anugerah Cerpen Pilihan Kompas 2022 yaitu :1. Manusia Kelelawar karya Damhuri Muhammad2. Nirvana karya Saras Dewi3. Ihwal Nama Majid Pucuk karya T Agus Khaidir4. Bukan Seorang Drupadi karya Artie Ahmad5. Tiga Tanda Batu karya Muram Batu6. Bayi dalam Kaca karya Mashdar Zainal7. Ode Api karya Agus Darmawan8. Binar yang Memudar dari Matanya karya Rizqi Turama9. Kabar Gembira karya Yulizar Lubay10. Maut di Ladang Jagung karya A. Muttaqin11. Ada Tanda di Lehermu karya Meutia Swarna Maharani12. Mbah Diman Terbang Bersama Malam karya Ahimsa Marga13. Upacara Ona karya Kiki Sulistyo14. Khasiat Embun Pohon Putih karya Ahda Imran15. Hawa Panas karya Silvester Petara16. Api Kota Smyrna karya Risda Nur Widia17. Pilihan Bapak karya Atta Verin18. Rumah yang Selalu Berbau Busuk Supartika19. Akhir Malam Pelukis Tayuh Ranang Aji SP20. Mama Menelpon dari Neraka karya Surya Gemilang

---- 

Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo. 

Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id. 

Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023