Apa yang Dimaksud dengan Simpati? Ini Penjelasan dan Dampak Positifnya

By Amirul Nisa, Kamis, 14 Desember 2023 | 11:00 WIB
Rasa simpati bisa membuat seseorang berbuat baik dengan saling membantu. (freepik)

Bobo.id - Rasa emosional dalam diri manusia terdiri dari banyak jenis yang salah satunya adalah simpati.

Tapi apa sebenarnya simpati itu? Pada materi IPS kali ini, kita akan belajar tentang salah satu rasa emosional yang mungkin pernah teman-teman rasakan.

Sebuah perasaan atau rasa emosional biasanya terjadi karena berkaitan dengan manusia lain atau peristiwa yang terjadi di sekitarnya.

Berikut tidak hanya dijelaskan pengertian dari simpati, tapi akan diajarkan juga ciri hingga dampak positifnya.

Simpati

Dikutip dari Gramedia.com, simpati merupakan sebuah proses saat seseorang merasa tertarik pada pihak lain, hingga bisa merasakan hal yang dialami, dilakukan, serta diderita orang lain.

Selain itu, simpati juga merupakan suatu proses saat seseorang merasa tertarik pada pihak lain hingga merasakan kondisi yang dialami.

Bahkan tidak rasa derita yang dialami orang tersebut juga bisa membuat orang yang bersimpati merasa sedih.

Namun, rasa simpati tidak bisa disamakan dengan rasa kasihan, ya. Rasa simpati lebih mirip seperti memiliki rasa kesamaan yang terkait dengan pribadi.

Orang yang merasa simpati sering kali akan menunjukkan ekspresi wajah kepedulian, pertanian, hingga kesusahan yang sama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) simpati merupakan keikutsertaan merasakan perasaan baik senang, susah, dan sebagainya.

Sedangkan menurut ahli, seperti Soerjono, simpati merupakan sebuah proses seseorang ketika merasa tertarik dengan orang lain.

Baca Juga: 7 Contoh Perilaku Menghargai Semangat para Pejuang Kemerdekaan, Materi IPS