Tingkatkan Populasi Satwa Endemik, Jaga Satwa Nusantara Melepas 64 Ekor Burung

By Corry Samosir, Minggu, 17 Maret 2024 | 11:30 WIB
Jaga Satwa Nusantara, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Dinas Pertamanan & Hutan Kota D.K.I Jakarta melakukan kegiatan pelepasan ekor burung. (Bobo/Corry)

Bobo.id - Teman-teman, kita tahu Indonesia memilki keanekaragaman jenis hewan endemik.Hewan endemik merupakan hewan yang berada di suatu wilayah tertentu.Namun, sayangnya, ada beberapa hewan endemik Indonesia yang terancam punah, lo, teman-teman.Nah, sebagai upaya untuk melindungi dan mempertahankan keberadaan spesies hewan endemik, Jagat Satwa Nusantara, TMII bekerja sama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Dinas Pertamanan & Hutan Kota D.K.I Jakarta melakukan kegiatan pelepasan ekor burung yang terancam punah.

Pada Jumat lalu (15/3/2024), sebanyak 64 ekor burung dilepas di Hutan Kota Muncul, Jakarta Timur.
 
Burung-burung tersebut terdiri dari 36 ekor kerak kerbau, 10 ekor tekukur, 10 ekor kutilang, dan 8 ekor perkutut.
 
Untuk diketahui kerak kerbau, tekukur, kutilang, dan perkutut merupakan salah satu satwa endemik Indonesia. 
 
Nah, saat ini populasi hewan endemik tersebut terus menurun, karena hilangnya habitat alami dan berbagai ancaman lainnya, teman-teman.
 
Oleh karena itu satwa endemik tersebut tengah menjadi fokus perhatian dalam upaya pelestarian.
 
Pelepasan ini pun menjadi langkah penting dalam menjaga keberlangsungan hidup spesies ini.
 
Sementara itu, Bapak Drh. Piter Kombo selaku General Manager Jagat Satwa Nusantara mengatakan bahwa pelepasan burung-burung tersebut merupakan sebagai langkah penting dalam upaya melindungi satwa endemi yang kini terancam punah.
 
Pelepasan sebanyak 64 ekor burung di Hutan Kota Munjul, Jakarta Timur. (Bobo/Corry)
 
Baca Juga: Taman Burung Jagat Satwa Nusantara: Pesona Satwa Endemik di TMII
 
Selain itu, kegiatan ini sebagai komitmen Jaga Satwa Nusantara untuk menjaga keragaman hayati dan memperkuat ekosistem lokal.
 
Kemudian, Bapak Agus Arianto selaku kepala BKSDA D.K.I Jakarta juga menambahkan bahwa kegiatan ini sangat berperan penting terutama dalam meningkatkan populasi satwa liar yang terancam punah.
 
Dengan demikian, melalui kerjasama Jaga Satwa dengan BKSDA dan Dinas Pertamanan & Hutan Kota D.K.I Jakarta berharap dapat memberikan lingkungan yang lebih baik bagi burung-burung yang dilepaskan untuk berkembang biak dan bertahan hidup.

---- 

Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo. 

Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id. 

Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023