Bobo.id - Bagaimana cara menjawab dan mengerjakan soal UJi Kompetensi Bab 3 halaman 101, dalam buku Matematika untuk SD/MI Kelas IV?
Beberapa waktu lalu, kita sudah menyelesaikan soal Latihan 2.
Dalam materi Bab 3, kita belajar mengenal dan menghitung Pola Gambar dan Pola Bilangan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pola adalah bentuk (struktur) yang tetap.
Sedangkan pola bilangan adalah suatu susunan bilangan yang mempunyai aturan dalam proses penyusunannya, sehingga akan mempunyai suatu pola tertentu.
Ada pola bilangan membesar dan mengecil sesuai dengan urutan bilangan dan selisihnya dari pola tersebut.
Pada pelajaran matematika kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, kita akan belajar menjawab soal 'Uji Kompetensi Bab 3' halaman 101.
Yuk, temukan kunci jawaban dari pembahasan berikut ini!
Uji Kompetensi Halaman 101
Tentukan banyak benda yang sesuai dengan pola gambar yang diberikan!
1.) 1 lingkaran - 3 lingkaran - 5 lingkaran - 7 lingkaran - ....
Jawab:
Baca Juga: Pembahasan 'Ayo Berlatih' Hal 99, Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Kita anggap bilangan yang dicari adalah x, maka urutannya berubah menjadi 1, 3, 5, 7, x.
Selisih setiap bilangan dapat diperoleh dari mengurangkan antara 7 - 5 = 2
- 1
- 1 + 2 = 3
- 3 + 2 = 5
- 5 + 2 = 7
- x
x = 7 + 2
x = 9
2.) 2 segienam - 4 segienam - 6 segienam - ....
Jawab:
Selisih setiap bilangan dapat diperoleh dari mengurangkan antara 6 - 4 = 2
- 2
- 2 + 2 = 4
- 4 + 2 = 6
- x
x = 6 + 2
x = 8
Baca Juga: Pembahasan 'Ayo Berlatih' Hal 93, Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
3.) 10 kaleng - 8 kaleng - 6 kaleng - ....
Jawab:
Selisih setiap bilangan dapat diperoleh dari mengurangkan antara 10 - 8 = 2
- 10
- 10 - 2 = 8
- 8 - 2 = 6
- x
x = 6 - 2
x = 4
4.) 18 bata - 15 bata - 12 bata - ....
Jawab:
Selisih setiap bilangan dapat diperoleh dari mengurangkan antara 18 - 15 = 3
- 18
- 18 - 3 = 15
- 15 - 3 = 12
- x
x = 12 - 3
Baca Juga: Contoh Sikap Mematuhi Peraturan di Masyarakat, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
x = 9
Tentukan bilangan yang tepat sesuai pola bilangan yang diberikan!
5.) 5, 9, 13, 17, ...
Jawab:
Selisih setiap bilangan dapat diperoleh dari mengurangkan antara 17 - 13 = 4
- 5
- 5 + 4 = 9
- 9 + 4 = 13
- 13 + 4 = 17
- x
x = 17 + 4
x = 21
6.) 6, 12, ..., 24, ...
Jawab:
Selisih setiap bilangan dapat diperoleh dari mengurangkan antara 12 - 6 = 6
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Beragam Cara Menabung, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
- 6
- 6 + 6 = 12
- x
- 24
- y
x = 12 + 6 = 18
y = 24 + 6 = 30
7.) 34, 27, 20, 13, ...
Jawab:
Selisih setiap bilangan dapat diperoleh dari mengurangkan antara 34 - 27 = 7
Bilangan yang dicari kita anggap sebagai x, maka x dapat ditemukan dengan mengurangkan 13 - 7.
x = 13 - 7
x = 6
8.) 40, 34, ..., 22, 16, ...
Jawab:
Baca Juga: Pengaruh Gaya Pegas terhadap Benda, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Selisih setiap bilangan dapat diperoleh dari mengurangkan antara 40 - 34 = 6
Bilangan yang dicari kita anggap sebagai x dan y.
Maka x dapat ditemukan dengan mengurangkan 34 - 6, sedangkan y dapat ditemukan dengan mengurangkan 16 - 6.
x = 34 - 6 = 28
y = 16 - 6 = 10
9.) Seorang petani sedang mencatat penjualan buah kelapa yang mengalami penurunan selama 7 hari berturut-turut dan memiliki pola tertentu.
- Hari pertama = 36 buah
- Hari kedua = 31 buah
- Hari ketiga = 26 buah
- Hari keempat = 21 buah
Tentukan banyak kelapa yang dipanen pada hari ke-7!
Jawab:
Dari data yang sudah diketahui, maka selisih antara jumlah kelapa yang dipanen setiap hari yaitu 5 buah. Artinya, pada hari ketujuh kelapa akan berkurang sebanyak 15 buah.
Jumlah kelapa yang dipanen pada hari ke-7 = 21 - 5 - 5 - 5 = 6 buah.
Baca Juga: Pengaruh Gaya Magnet terhadap Benda, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
10.) Di suatu gedung bioskop terdapat 10 baris kursi. Banyak kursi yang tersedia pada baris pertama adalah 10 buah kursi, pada baris kedua tersedia 14 buah kursi, pada baris ketiga tersedia 18 buah kursi dan seterusnya sehingga memenuhi pola bilangan tertentu. Tentukan banyak kursi yang tersedia pada baris terakhir.
Jawab:
Urutan jumlah baris kursi yaitu 10, 14, 18, dan seterusnya hingga baris ke-10.
Dari data di atas, maka diketahui bahwa semakin banyak jumlah baris, maka kursi akan bertambah 4 buah.
Sudah diketahui jumlah kursi pada baris pertama hingga ketiga, maka kita harus mencari jumlah kursi pada bari ke-4 hingga ke-10.
Baris ke-4 = 18 + 4 = 22
Baris ke-5 = 18 + 4 + 4 = 26
Baris ke-6 = 18 + 4 + 4 + 4 = 30
Baris ke-7 = 18 + 4 + 4 + 4 + 4 = 34
Baris ke-8 = 18 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 38
Baris ke-9 = 18 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 42
Baca Juga: Apa Manfaat dari Menabung? Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Baris ke-10 = 18 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 46
(Editor: Heni Widiastuti)
----
Kuis! |
Apa itu pola bilangan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.