Rahasia Si Imut Chinchilla

By YANTI, Jumat, 22 September 2017 | 05:15 WIB
Rahasia Si Imut Chinchilla (YANTI)

Musuh Suara Keras

Chinchilla enggak suka tempat yang berisik. Ia hanya suka tempat yang hening dan sepi. Kalau berada di tempat yang bising, chinchilla stres berat. Kalau enggak cepat dipindahkan ke tempat tenang, ia bisa sakit.

Mandi Pasir

Ya, mandinya pakai pasir. Hmm, tapi harus pasir yang halus. Bukan pasir pantai atau pasir untuk bangunan, ya! Kalau pasirnya kasar, kulitnya bisa luka dan bulunya juga rusak. Pasir mandinya bisa dibeli di petshop.

Jago Memanjat

Meskipun badannya imut, chinchilla jago dan suka banget manjat, lo! Jadi, kandangnya harus dibuat tinggi. Paling tidak 80 cm atau 1 m. Tapi usahakan, agar jarak antar teralinya tidak lebih dari 2,5 cm. Soalnya, chinchilla bisa nyelip masuk ke sela-sela lubang kecil. Mainan kincir-kinciran juga bisa ditaruh di kandang chinchilla. Jadi, dia bisa latihan memanjat.

Enggak Suka Gonta-ganti Makanan

Memilih makanan buat chinchilla juga mesti super hati-hati. Gonta-ganti makanan bisa membuatnya diare. Chinchilla suka makanan berserat. Rumput khusus makanan chinchilla, bisa didapatkan di petshop. Kalau kurang serat, chinchilla bisa malas bergerak dan giginya bisa tumbuh kepanjangan.

Ada juga pelet khusus buat chinchilla. Air minumnya juga mesti air matang, ya. Kalau sehat chinchilla bisa bertahan hidup sampai 20 tahun, lo! Tapi, rata-rata hanya sampai 10 tahun saja. Berat badannya sekitar 500 sampai 600 gram saja.

Sst... Rahasia tambahan lainnya:

  1. Chincilla ini hewan yang aktif di malam hari
  2. Tidak suka sendirian
  3. Tidak suka udara panas