Kima si Kerang Raksasa

By Marisa Febrilian, Kamis, 26 Januari 2017 | 04:57 WIB
Kima, Kerang Raksasa (Marisa Febrilian)

Kerang ini bukan kerang biasa. Berat tubuhnya bisa mencapai 250 kg. Wow! Ia tinggal di lautan yang bersih. Hm, siapa, ya dia? Kenalan, yuk!

Asal-Usulku

Namanya adalah kima. Ia dikenal sebagai kerang raksasa. Kima punya nama lain, yakni Tridacna dan Giant Calm. Kima berasal dari keluarga kerang-kerangan. Kerang raksasa ini mempunyai jenis yang berbeda-beda, ada Tridacna Crocea, Derasa, Gigas, Maxima, Squamosa, Hippopus-Hippopus, dan Hippopus Porcellanus.

Setiap jenis kima dibedakan berdasarkan jenis cangkangnya. Ada yang lunak, keras, tebal dan tipis. Sayangnya, beberapa jenis kima sudah hilang dari perairan. Saat ini kima termasuk hewan langka yang dilindungi oleh pemerintah.

Berkembang Biak

Kima termasuk hewan hemafrodit, yakni hewan berkelamin ganda. Pertumbuhan badan kima termasuk lambat, dari telur hingga mempunyai cangkang. Kima rentan sekali dimangsa oleh predator. Dari jutaan sel telur yang dihasilkan kima dewasa, hanya puluhan ekor saja yang dapat bertahan hidup hingga memiliki cangkang. Kima hanya bisa tinggal di lautan yang bersih dan tidak tercemar airnya.

Sulawesi Tenggara

Kima banyak ditemukan di perairan Sulawesi Tenggara. Di pulau Toli-Toli,  kima dipelihara dengan baik. Di sana terdapat tempat konservasi kima, namanya Konservasi Taman Laut Kima Toli-Toli (Toli-Toli Giant Clam Marine Park Conservation). Balai konservasi ini merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan kima, agar tidak punah.

Kima merupakan salah satu biota laut yang sudah langka dan dilindungi. Semoga, si kerang raksasa ini tidak sampai punah, ya. Nah, siapa yang sudah pernah melihat kima?

Kima

Nama Ilmiah  : Tridacna

Panjang Tubuh : 2 meter

Berat Tubuh  : 230 - 250 Kg

Masa Hidup :  lebih dari 100 tahun

Status  : Hewan Dilindungi

Foto : creativecommons.org