Masjid Indrapuri, Sekilas Mirip Candi

By Sigit Wahyu, Jumat, 17 Februari 2017 | 07:15 WIB
Masjid Tua Indrapuri (Sigit Wahyu)

Wilayah Aceh Nangroe Darussalam memiliki banyak peninggalan sejarah Islam. Peninggalan itu antara lain berupa masjid tua Indrapuri dengan bentuk bangunan mirip candi.

Masjid Indrapuri

Di daerah Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, ada sebuah masjid yang sangat unik bentuknya. Sekilas bentuknya mirip dengan bangunan pura atau candi. Itulah Masjid Indrapuri.

Menurut sejarah, masjid ini dibangun di atas kompleks bangunan Hindu, tak jauh dari Sungai Krueng. Bangunan di kompleks masjid ini sudah ada di sana sebelum abad 12 atau sebelum kerajaan Islam berdiri di Aceh. Mungkin, dulunya lokasi ini adalah pusat kerajaan Hindu atau pura Hindu.  

Kerajaan Lamuri

Bila dihubungkan dengan penemuan situs-situs makam kuno Islam di daerah Lam Reh, masjid ini mungkin dibangun pada masa Kesultanan Lamuri. Kesultanan ini merupakan kerajaan Islam yang lebih dulu berdiri sebelum Kesultanan Aceh Darussalam ada.

Penelitian arkeologi terhadap nisan berkaligrafi huruf Arab di sebuah makam kuno Islam di Lam Reh menemukan sebuah makam Sultan Sulaiman bin Abdullah yang wafat tahun 1211. Menurut sejarah, beliau adalah raja pertama di wilayah Indonesia yang diketahui bergelar "Sultan".

Sebagai kerajaan Islam yang sebelumnya tunduk pada Majapahit yang menganut Hindu, bisa jadi Sultan mengubah kompleks pura ini menjadi kompleks masjid.

Masjid Tua Indrapuri
 
Alamat: Desa Indrapuri, Kecamatan Indrapuri, Kp. Baru, Baiturrahman
Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Sumber foto: goaceh.com