Panda Bao Bao Pulang ke Tiongkok

By Sigit Wahyu, Selasa, 21 Februari 2017 | 07:15 WIB
Bao Bao pada saat lahir dan sekarang. (Sigit Wahyu)

Bao Bao adalah panda raksasa yang tinggal di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington DC, Amerika Serikat. Hari ini (Selasa 21 Februari 2017), Bao Bao diterbangkan ke Tiongkok dan akan tinggal di kawasan Pusat Penelitian dan Konservasi Panda di Chengdu.   

Terbang ke Tiongkok

Dengan bagasi yang dirancang khusus, Bao Bao terbang non stop dari Dulles International Airport ke Chengdu. Dalam penerbangan itu, Bao Bao didampingi oleh keeper dan dokter hewan. Selain itu, Bao Bao juga dibekali makanan-makanan kesukaannya, seperti bambu, apel, pir, kentang rebus, dan air minum.

Anak Kedua Mei Xiang

Bao Bao adalah panda raksasa betina. Bao Bao merupakan anak kedua dari induk panda bernama Mei Xiang dan ayah panda bernama Tian Tian. Ayah dan ibu panda asli dari Negeri Panda Tiongkok. Pada tahun 2000, Mei Xiang dan Tian Tian dipinjamkan ke kebun binatang di AS melalui perjanjian kerjasama penelitian dan konservasi. Menurut perjanjian tersebut, anak panda yang lahir nanti harus kembali ke Tiongkok.

Panda Istimewa

Bao Bao adalah panda yang istimewa. Sejak lahir hingga saat ini, Bao Bao selalu menarik  perhatian banyak orang. Proses kelahirannya pada 23 Agustus 2013 ditunggu-tunggu banyak orang. Melalui internet dan media sosial, pecinta panda di seluruh dunia mengusulkan dan memutuskan namanya.

Empat Tahun

Tahun ini, Bao Bao akan genap berusia empat tahun. Dalam dunia panda, usia empat tahun adalah usia memasuki kehidupan dewasa, karena pada usia lima atau enam tahun, seekor panda betina sudah siap berkenalan dengan panda jantan.

Kembalinya panda Bao Bao ke Negeri Panda, Tiongkok  adalah demi kelestarian panda. Saat ini, diperkirakan sekitar 1.600 panda raksasa hidup di alam liar dan sekitar 300 tinggal di pusat konservasi  dan penangkaran.

Sumber foto: theatlantic.com, @BaoBaoPanda