Bao Bao Sudah Sampai di Tiongkok

By Sigit Wahyu, Kamis, 23 Februari 2017 | 10:15 WIB
Bao Bao (Sigit Wahyu)

Setelah terbang non stop selama 16 jam dari Dulles International Air Port di Washington DC, Amerika Serikat,  panda Bao Bao akhirnya tiba dengan selamat di Chengdu, Tiongkok.  

Dikarantina

Sesampai di Chengdu, Bao Bao langsung dikarantina di pusat perawatan panda Dujiangyan Panda Base, selama 30 hari. Setelah dinyatakan sehat dan bebas dari penyakit, Bao Bao akan dilepas ke alam di bawah pengawasan para ahli panda.

Lahir di Amerika Serikat

Bao Bao adalah panda raksasa yang lahir di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington DC, Amerika Serikat, pada 23 Agustus 2013. Indunya bernama Mei Xiang dan ayahnya bernama Tian Tian. Kedua orangtua Bao Bao asli berasal dari Negeri Panda, Tiongkok.

Pada tahun 2000, Mei Xiang dan Tian Tian dipinjamkan ke kebun binatang di AS melalui perjanjian kerjasama penelitian dan konservasi. Menurut perjanjian tersebut, anak panda yang lahir ketika berumur 4 tahun harus kembali ke Tiongkok untuk menjalani program pemuliaan (penangkaran).

Pasangan Bao Bao

Bulan Agustus tahun ini, Bao Bao akan genap berusia empat tahun. Dalam dunia panda, usia empat tahun adalah usia memasuki kehidupan dewasa, karena pada usia lima atau enam tahun, seekor panda betina sudah siap berkenalan dengan panda jantan.

Semoga, setahun atau dua tahun lagi, Bao Bao segera mendapat kenalan panda jantan yang keren dan segera memiliki anak. Saat ini diperkirakan sekitar 1.600 panda raksasa hidup di alam liar dan sekitar 300 panda tinggal di pusat konservasi dan penangkaran.

Fakta Dalam Angka

23 Agustus,  hari ulang tahun Bao Bao.

21 Februari, Bao Bao meningglkan Amerika Serikat. 362 kg, berat kandang Bao Bao untuk ditaruh di bagasi. 25 kg bambu, 1 kg apel, 2 kantong berisi biskuit, kentang rebus, dan air minum.

1 pesawat FedEx Boing 777F yang dihiasi gambar panda. 8,508 mil, jarak penerbangan yang ditempuh Bao Bao ke Chengdu

16 jam, lama penerbangan non stop ke Chengdu 30 hari, Bao Bao akan dikarantina  

Sumber foto: nytimes.com, nationalzoo.si.edu