Antarktika, Benua Tak Bertuan

By Sigit Wahyu, Sabtu, 7 Oktober 2017 | 05:45 WIB
Penguin, penghuni Antarktika. (Sigit Wahyu)

Antarktika adalah satu-satunya tempat di Planet Bumi yang paling unik. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanya lapisan es. Sangat dingin dan sangat sepi.  Antarktika adalah benua kosong dan tak bertuan.

Gurun Es

Benua Antarktika terletak di Kutub Selatan Planet Bumi. Antarktika juga sering disebut gurun es karena 98 persen permukaannya tertutup es abadi yang sangat tebal.

Sebagai gurun es, Antarktika menjadi tempat terdingin di dunia. Pada musim dingin, suhunya mencapai - 85 derajat Celsius. Sedangkan pada musim panas, suhunya  masih - 55 derajat Celsius.

Coba bayangkan, pada suhu kamar ber-AC 16 derajat saja, kadang kita sudah kedinginan. Apalagi kalau sampai minus. Bisa beku, kita.

Penghuni

Apakah di benua yang super dingin ini ada penduduk asli yang tinggal di sana? Sejauh ini para peneliti belum pernah menemukan adanya penduduk asli Antarktika. Dengan kata lain, Antarktika merupakan benua kosong dan tak berpenghuni. Hanya penguin, beruang kutub, dan anjing laut  yang sering muncul dari permukaan es.

Zona Bebas

Meskipun sejak abad ke-18 sudah ada orang yang berlayar sampai ke wilayah Antarktika, sampai saat ini Antarktika masih ditetapkan menjadi zona bebas. Zona bebas, artinya setiap orang bebas mengunjungi dan tinggal di Antarktika tanpa perlu izin dari siapa pun.

Sebagai zona bebas, negara maju seperti Prancis, Amerika, Inggris, Australi, Chili, Argentina, Selandia Baru, Jepang, dan Norwegia mendirikan stasiun penelitian di Antarktika.

Stasiun penelitian mereka terletak di daerah McMurdo, sebuah lembah yang terbebas dari lapisan salju abadi.

Sumber foto: theguardian.com, wordatlas.com