Ikan Sapu-sapu yang Suka Bersih-bersih

By Yomi Hanna, Sabtu, 16 September 2017 | 07:25 WIB
Ikan Sapu-sapu (Hanna Vivaldi)

Sesuai dengan namanya, ikan sapu-sapu, jenis ikan air tawar ini memang paling hobi bersih-bersih. Ia suka membersihkan dinding akuarium dari lumut yang menempel. Cara membersihkannya dengan memakan lumut-lumut tersebut.

Mudah Dipelihara

Ikan yang memiliki nama ilmiah Hypostomus plecostomus ini sering dipelihara di akuarium untuk tugas bersih-bersih. Tidak susah memelihara ikan sapu-sapu, karena ikan ini tidak gampang mati. Bahkan jika kita tidak memberinya makanan pun, ikan ini tetap bisa bertahan hidup. Dia hidup dengan memakan lumut atau kotoran yang ada di sekitarnya.

Dua Alat Pernapasan

Ikan ini memiliki dua jenis alat pernapasan, yaitu insang dan labirin. Alat pernapasan insang digunakan pada saat ikan berada di air yang jernih. Sedangkan labirin digunakan pada saat ikan berada di air yang keruh atau berlumpur. Inilah yang menyebabkan ikan sapu-sapu mudah beradaptasi, baik di air yang jernih maupun di air yang keruh.

Ikan Pemalas

Ikan sapu-sapu jarang terlihat berenang ke sana kemari. Dia lebih banyak diam dan menempel pada dinding akuarium. Semakin besar ukuran tubuh ikan sapu-sapu, semakin malas ikan ini bergerak.

Penghisap Luka

Harap berhati-hati jika ikan sapu-sapu yang ada di akuarium dipelihara bersama ikan hias lainnya. Ikan sapu-sapu dapat menyerang ikan hias yang sedang terluka. Dia akan menghisap bekas luka itu. Ini dapat menyebabkan ikan yang sedang terluka tersebut mengalami kematian. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengecek ikan peliharaan kita. Jika memang sedang terluka, sebaiknya ikan sapu-sapu dipisahkan sampai ikan hias yang terluka itu sembuh.

Sebagai Bahan Makanan

Ada beberapa jajanan seperti siomay, batagor, pempek, dan bakso yang terbuat dari ikan sapu-sapu. Biasanya makanan itu terbuat dari ikan sapu-sapu yang hidup bebas di sungai. Padahal, ikan sapu-sapu yang ada di sungai seringkali memakan lumut, sampah, atau limbah air raksa/merkuri. 

Seharusnya ikan ini tidak dijadikan sebagai bahan makanan karena dapat membahayakan kesehatan manusia.

Sebenarnya ikan sapu-sapu dapat dimakan dan tidak berbahaya jika tidak mengandung merkuri dan dia hidup di lingkungan yang bersih. Ikan sapu-sapu yang seperti ini adalah ikan yang dipelihara sendiri atau yang sengaja dibudidayakan untuk dijadikan bahan makanan.

Suber foto : aquamatic.com