Pohon Andalas, Tanaman Khas Sumatera Barat

By Yomi Hanna, Selasa, 7 Maret 2017 | 09:07 WIB
Pohon Andalas (Hanna Vivaldi)

Pohon andalas memiliki nama ilmiah Morus mocroura. Pohon ini menjadi tanaman khas daerah Sumatera Barat. Dia memiliki tinggi 25-60 m dan diameter 1 m dengan bentuk batang yang tegak. Kulit pada batang pohon ini berwarna cokelat keabuan.

Buah Andalas

Buah pohon yang biasanya hidup di dataran tinggi ini mirip buah murbai. Bentuknya bergerombol kecil-kecil. Buahnya berwarna hijau sewaktu muda dan berwarna ungu kemerahan jika sudah matang. Bagian dalam buah andalas berair dan dapat dimakan. Rasa buahnya asam dan manis.

Pohon yang Kuat

Pohon andalas memiliki kayu yang kuat, tahan dari serangan serangga dan rayap. Warna kulit kayunya juga tidak gampang pudar akibat panas serta tidak mudah lapuk karena hujan. Oleh sebab itu, masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat, dulunya sering menggunakan pohon ini untuk membuat rumah. Selain itu, pohon andalas juga sering dimanfaatkan untuk membuat perabot rumah tangga, seperti alat penumbuk beras.

Hampir Punah

Pohon andalas digunakan secara berlebihan oleh masyarakat tanpa mau menanamnya kembali. Akibatnya, sekarang pohon ini mulai langka dan sulit ditemukan. Kalau pun ingin mendapatkan pohon ini, kita harus berjalan jauh selama berhari-hari ke dalam hutan. Semoga tanaman khas Sumatera Barat ini tidak punah ya!

Tumbuh di Negara Lain

Selain ada di Sumatera Barat, pohon ini ada juga di pulau Jawa. Pohon andalas juga tumbuh di negara lain, seperti India, Butan, Kamboja, Cina, Myanmar, Nepal, Pakistan, Thailand, dan Vietnam.