Tips Aman Berkendara

By willa widiana, Selasa, 7 Maret 2017 | 09:03 WIB
Menyalakan lampu di siang hari. (willa widiana)

Beberapa di antara kita mungkin sudah tidak sabar untuk tumbuh dewasa, karena ingin bisa membawa kendaraan sendiri. Tetapi, sebelum belajar berkendaraan sendiri, sebaiknya kita mengetahui beberapa tips aman dalam berkendara, seperti:

Menyalakan lampu di siang hari.sudah masuk ke dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Beberapa orang menganggap peraturan ini tidak berguna dan hanya membuat accu boros.

Padahal, dengan menyalakan lampu di siang hari, para pengendara bisa mengetahui bahwa di belakang dan belokan/tikungan jalan itu ada kendaraan lain. Dengan begitu, kecelakaan pun bisa dihindari

Tubuh kita akan lebih cepat merespon cahaya, daripada suara. Jadi, menyalakan lampu di siang hari lebih efisien daripada menyalakan klakson.

Saat ada lampu menyala, mata kita akan melihat benda itu dan memperkirakan jaraknya. Berbeda dengan suara, kita bisa mendengar tanpa bisa mengetahui jarak pastinya. Jadi, menyalakan lampu bisa menjaga keamanan antar pengendara.

Beberapa motor biasanya tidak memiliki kaca spion. Padahal, kaca spion merupakan benda penting yang harus ada di kendaraan kita.

Dengan kaca spion, kita bisa melihat keadaan jalan di belakang kita saat akan berbelok. Jadi, kecelakaan bisa dihindari. Selain itu, kaca spion juga berguna untuk melihat sinar lampu yang berasal dari kendaraan di belakang kita. Dengan begitu, kita bisa lebih wspada.

Selain tiga hal di atas, kita juga harus memerhatikan keadaan fisik kita sebelum berkendara. Usahakan untuk berkendara dalam keadaan sehat dan tidak mengantuk.

O ya, Sahabat Nesi, info ini bisa kamu beritahukan kepada orangtua dan keluarga kamu yang sudah punya izin berkendara. Semoga bermanfaat, ya!

Sumber: Press Conference Osram, Ilustrasi: Ode