Berkunjung ke Taman Nasional Komodo

By Putri Puspita, Selasa, 7 Maret 2017 | 09:13 WIB
Taman Nasional Komodo (Putri Puspita)

Taman Nasional Komodo baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-37 pada tanggal 6 Maret lalu. Bahkan Google pun merayakannya dengan adanya google doodle komodo saat kita berkunjung ke halaman google.com. Tempat ini memang istimewa karena banyak keunikan di dalamnya.

Situs Warisan Dunia di Indonesia

Taman Nasional Komodo terletak di tengah kepulauan Indonesia, antara pulau Sumbawa dan Flores. Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 ha, meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya.

Didirikan pada tahun 1980, awalnya tujuan utama taman ini adalah untuk melestarikan hewan langka komodo (Varanus komodoensis) dan habitatnya. Namun, semakin berjalannya waktu, tujuan taman ini meluas, yaitu untuk melindungi seluruh keanekaragaman hayati, baik darat, dan laut yang ada di pulau itu.

Pada tahun 1986, taman dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO.

Menjaga Komodo

Taman Nasional Komodo merupakan satu-satunya tempat di dunia yang menjadi rumah bagi Varanus komodoensis. Keberadaan taman nasional ini sangat penting karena jumlah populasi komodo di dunia yang amat terbatas, yakni hanya sekitar 3000 ekor.

Spesies yang satu ini mungkin muncul lima juta tahun yang lalu, tetapi genusnya telah berumur sekitar 40 juta tahun.

Foto: eramadina.com, tourism.nttprov.go.id