Zaitun, Pohon Berumur Panjang

By Marisa Febrilian, Selasa, 7 Maret 2017 | 09:56 WIB
Pohon Zaitun, Berumur Panjang (Marisa Febrilian)

Pohon zaitun adalah pohon hijau yang sudah ditemukan ribuan tahun lalu. Kabarnya, pohon zaitun dapat hidup bertahun-tahun, lo. Walaupun dengan kondisi tanah yang kering dan tandus.

100 Tahun

Bahkan ada para arkeolog pernah menemukan pohon zaitun yang berumur lebih dari 100 tahun. Kenapa bisa begitu, ya? Rupanya, akar pohon Zaitun ini dapat menembus tanah hingga 6 meter dan menjalar ke kanan dan kiri. Nah, inilah rahasia ketangguhan pohon Zaitun bisa berumur panjang.

Melati-melatian

Pohon ini termasuk spesies Olea europaea. L, dan berasal dari keluarga Oleaceae (suku melati-melatian). Pohon zaitun memiliki bunga yang bentuknya mirip seperti lonceng. Sedangkan bentuk daunnya lonjong dan saling berhadapan, panjangnya sekitar 4-10 cm. Kalau bentuk buahnya mirip seperti batu kecil, di dalamnya terdapat biji-biji buahnya. Tinggi pohon ini kira-kira 8-15 meter.

Manfaat

Pohon zaitun ini kaya manfaat, lo. Buah pohon zaitun bisa dimakan. Biasanya digunakan sebagai manisan buah. Nah, di dalam buah zaitun ini terdapat minyak yang disebut minyak zaitun. Minyak itu mengandung zat antioksidan dan lemak tak jenuh. Minyak ini bisa menyeimbangkan kolesterol. Selain itu minyak dan buah Zaitun bisa menjaga kelembapan kulit, lo. Katanya bisa bikin awet muda.

Di Yunani, hampir setiap warganya menanam pohon zaitun di pekarangan rumahnya. Buah zaitun tidak hanya dipakai sebagai bumbu dapur saja, tetapi juga untuk camilan. Nah, siapa yang ingin mencoba menanam zaitun di rumah?

Foto : creativecommon.org