Apa yang Dilakukan Sally Ride setelah Berhenti Bertugas di NASA?

By Putri Puspita, Rabu, 8 Maret 2017 | 06:24 WIB
SALLY RIDE MENDUKUNG ANAK-ANAK BELAJAR SCIENCE (Foto: NASA) (Putri Puspita)

Setelah menyelesaikan misinya sebagai astronaut perempuan pertama dan membantu NASA dalam investigasi kecelakaan pesawat, Sally Ride berhenti bekerja di NASA pada tahun 1987. Namun, perjalanannya untuk antariksa tidak berhenti sampai di situ.

EarthKAM Project

Setelah berhenti bekerja untuk NASA, ia mulai mengajar di University of California, San Diego. Sally Ride mulai mencari cara untuk membantu perempuan dan anak-anak yang ingin belajar sains dan matematika. Sally Ride datang dengan ide membuat proyek EarthKAM NASA. EarthKAM memungkinkan siswa sekolah mengambil gambar dari Bumi menggunakan kamera di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Siswa kemudian mempelajari gambar yang diambil tersebut.

Sally Ride Science

Sally Ride percaya bahwa penting mendorong siswa (terutama perempuan)  untuk belajar science. Ia mendirikan Sally Ride Science, sebuah perusahaan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, pada tahun 2001. Melalui Sally Ride Science itulah Sally melaksanakan EarthKAM Project. Bukan hanya itu, Sally Ride juga menulis lima buku anak-anak mengenai antariksa, seperti To Space and Back, Voyager, The Third Planet, The Mystery of Mars, dan Exploring Our Solar System. Apa kamu sudah membacanya?

Kanker

Sally Ride meninggal pada 23 Juli 2012, pada usia 61 setelah 17 bulan berjuang melawan kanker pankreas. Jasanya untuk perkembangan ilmu pengetahuan diingat oleh dunia. Sally juga mendapatkan berbagai macam penghargaan, bahkan terdapat satu tempat di bulan yang diberi nama Sally K. Ride Impact Site.