Fakta Seputar Susu

By willa widiana, Rabu, 8 Maret 2017 | 09:04 WIB
Dalam satu gelas susu (200ml) terdapat kalsium, protein, iodine, dan potassium. (willa widiana)

Saat lahir, kita akan diberi ASI oleh ibu. Setelah berusia dua tahun, kita mulai diberikan susu formula untuk menggantikan ASI. Bicara soal susu, kira-kira... kamu sudah tahu belum beberapa fakta tentang susu, seperti:

  1. Banyak orang yang mengatakan, bahwa susu banyak manfaat dan penting bagi pertumbuhan badan. Kira-kira... itu benar atau tidak, ya?

Ternyata itu benar. Dalam satu gelas susu (200ml) terdapat kalsium, protein, iodine, potassium, phosphorus, serta vitamin A, B2, B12, dan D. Semua zat itu penting bagi pertumbuhan tubuh, tulang, dan gigi. Tapi... zat-zat itu tidak akan memberikan pengaruh yang maksimal jika kita tidak membarenginya dengan kegiatan fisik atau olahraga.

  1. Beberapa orang tidak bisa minum susu. Benarkah itu?

Menurut data yang dimuat oleh livscience.com, ¾ orang di dunia tidak bisa mengonsumsi susu, karena masalah pencernaan. Bagaimana cara mereka mendapatkan kalsium? Orang yang tidak bisa mengonsumsi susu biasanya mendapat asupan kalsium dari kacang-kacangan dan beberapa jenis sayuran hijau.

  1. Apakah orang yang alergi susu bisa mengonsumsi susu jenis lain?

Yap. Orang yang alergi terhadap susu atau tidak suka dengan rasa susu biasanya mengonsumsi susu jenis lain, seperti susu almond, susu kedelai, atau susu beras. Susu ini terbuat dari biji-bijian, jadi aroma dan rasanya berbeda dengan susu sapi. Meski terbuat dari bji-bijian, kita tetap harus memilih yang rendah atau bebas gula, ya!

  1.  Semakin banyak minum susu, semakin bagus? Benar tidak, ya?

Ternyata... kita hanya disarankan untuk minum dua gelas susu dalam satu hari. Bagaimana jika kita mengonsumsi susu lebih dari tiga gelas dalam sehari? Hal itu tidak disarankan, karena bisa menyebabkan kegemukan. Selain itu, konsumsi susu yang berlebihan bisa membuat ruang penampungan makanan penuh. Akhirnya, kita jadi malas makan makanan yang lain.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa fakta susu. Semoga bermanfaat!

 Foto: pixabay.com, freegreatpicture