Mercusuar di Indonesia

By willa widiana, Rabu, 8 Maret 2017 | 10:41 WIB
Mercusuar Tanjung Layar (willa widiana)

Indonesia merupakan negara kepulauan. Banyak karang dan pulau kecil tersebar di lautan. Karang dan pulau-pulau ini berbahaya bagi kapal-kapal yang hendak lewat. Agar kapal yang hendak berlayar tidak menabrak karang dan pulau, laut Indonesia dijaga banyak mercusuar. Berikut beberapa mercusuar yang ada di Indonesia:

Mercusuar Tanjung Layar

Bangunan ini berada di Tanjung Layar, Kabupaten Lebak, Banten. Tepatnya di Taman Nasional Ujung Kulon.

Diperkirakan, Mercusuar Tanjung Layar ini didirikan pada awal tahun 1800. Itu terlihat dari sebagian fisik bangunan yang masih menggunakan batu. Pada tahun 1880, bagian atas mercusuar mengalami kerusakan karena gempa bumi.

Pada tahun 1883, mercusuar ini hancur karena adanya letusan Gunung Krakatau. Mercusuar Tanjung Layar yang berdiri saat ini dibangun pada tahun 1972, letaknya 500 meter dari mercusuar pertama.

Mercusuar Sunda Kelapa

Terletak di Pelabuhan Ikan Muara Baru, Jakarta Utara. Konon, bangunan setinggi 17 meter ini didirikan sebelum tahun 1862, lo. Mercusuar Sunda Kelapa ini dibangun untuk menggantikan Menara Syahbandar yang berada di Mulut Kali Ciliwung. Sayangnya, saat ini Mercusuar Sunda Kelapa sudah tidak aktif lagi.

Mercusuar Pulau Breueh

Nama mercusuar ini sebenarnya adalah Mercusuar Williems Torren III. Tapi, karena terletak di Pulau Breueh, Aceh, maka mercusuar ini disebut Mercusuar Pulau Breueh. O ya, mercusuar ini dibangun pada tahun 1875, hasil kerja sama antara Kerajaan Portugis dan Kerajaan Aceh Darussalam.

Nah, itulah beberapa mercusuar di Indonesia. Jika kamu mengetahui mercusuar lain, tulis di kolom komentar saja, ya! Jadi, kita bisa saling berbagi pengetahuan.

Foto: Creative Commons