Kuliner Khas Jambi yang Enak

By Yomi Hanna, Rabu, 8 Maret 2017 | 10:55 WIB
Jus Pinang. (Foto: masakandapurku.com) (Hanna Vivaldi)

Jenis makanan di Indonesia sangat beraneka ragam, baik rasa maupun cara pembuatannya. Di setiap daerah pasti memiliki masakan khasnya tersendiri yang menjadi objek wisata kuliner. Di Jambi ada beberapa jenis masakan yang bisa kita nikmati.

  1. Tempoyak Jambi

Bahan dasar pembuatan tempoyak jambi ini adalah buah durian. Buah yang aromanya sangat menusuk hidung ini ternyata bisa difermentasi dan dijadikan tempoyak. Rasa tempoyak ini enak dan mengundang selera. Tempoyak juga bisa digunakan sebagai bahan dasar gulai, sambal, dan lainnya. Masakan ini cukup terkenal dan sering menjadi menu utama di restoran-restoran yang ada di Jambi.

  1. Nasi Gemuk

Nasi gemuk adalah nama lain dari nasi uduk yang termasuk masakan favorit daerah Jambi. Nasi gemuk ini dibuat dari beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk. Cara membuatnya tidak terlalu sulit. Beras dicampur bumbu-bumbu yang dihaluskan, lalu dimasak sampai setengah matang. Adonan itu dikukus lagi selama sejam. Nasi gemuk biasanya ditemani  kerupuk, telur, kacang tanah, teri, timun, bawang goreng, dan acar.

3. Gandus

Kue gandus terbuat dari tepung beras, sagu, santan, garam, dan daun. Bahan tersebut dicampur dengan bawang putih halus dan cabai yang dipotong kecil-kecil. Nah, kue gandus bisa dicetak di dalam loyang atau cetakan berbentuk bulat, lalu dikukus selama 10 menit. Sebelum disajikan, bagian atas kue dihias dengan taburan udang, ebi, ayam, daging giling, atau abon ikan. Rasa kue ini gurih seperti rasa bubur ayam dan terasa legit karena ada campuran tepung beras.

  1. Jus Pinang

Sesuai dengan namanya, jus pinang dibuat dari buah pinang yang dicampur dengan gula merah, jahe merah, pandang, serai, cengkeh, dan kulit manis. Jus ini dipercayai memiliki banyak khasiat, lho. Contohnya, meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan mencegah masuk angin. Agar lebih nikmat, jus pinang bisa dicampur dengan sebutir telur ayam kampung.