Menangkap Ikan dengan Burung Kormoran

By Sigit Wahyu, Kamis, 9 Maret 2017 | 03:45 WIB
Burung kormoran. (Sigit Wahyu)

Burung kormoran atau pecuk adalah burung air yang jago menyelam. Mereka menyelam untuk menangkap ikan, dan kembali terbang dengan membawa mangsa buruannya. Di Jepang dan Tiongkok, nelayan menjinakkan burung kormoran untuk membantunya menangkap ikan. 

Sungai Lijang  

Sungai Lijang adalah sebuah sungai yang melewati provinsi Guangxi, Tiongkok. Sungainya besar dan banyak ikannya. Karena banyak ikannya, burung kormoran suka terbang menyusuri aliran sungai untuk menangkap ikan. 

Air sungai yang jernih memudahkan kormoran melihat kawanan ikan dari atas. Koromoran dengan cepat menukik ke permukaan air, lalu menyelam. Beberapa detik kemudian, kormoran muncul ke permukaan dengan membawa ikan di paruhnya dan langsung terbang.

Keahlian burung kormoran dalam menangkap mangsa menarik perhatian nelayan yang tinggal di sekitar Sungai Lijiang. Para nelayan menangkap burung kormoran untuk dijinakkan dan dilatih untuk menyetor ikan hasil tangkapannya.

Leher Diikat

Meskipun burung kormoran bisa dijinakkan, tetapi sewaktu-waktu burung ini bisa kabur entah kemana. Agar burung tidak terbang kemana-mana, nelayan mengikat kaki kormoran dan menambatkannya pada perahu.

Saat hendak mencari ikan, hal yang dilakukan nelayan adalah mengikatkan tali pada leher burung agar burung tidak bisa menelan ikan hasil tangkapannya.

Setelah siap, nelayan akan mengayuh rakit ke tengah sungai tempat ikan berkumpul. Sesampai di tempat yang banyak ikan, burung diterjunkan ke sungai. Sudah menjadi naluri burung kormoran, begitu terjun ke sungai, burung kormoran akan menyelam dan memburu ikan dan menangkapnya.

Setelah ikan didapat, burung akan naik ke permukaan dengan mengigit ikan hasil tangkapan di paruhnya. Para nelayan menarik tali yang mengikat burung ke arah rakit dan mengambil ikan tersebut dari paruhnya. Selesai menangkap banyak ikan, nelayan akan memberikan upah beberapa ikan untuk dimakan si burung.

Sejak Tahun 900

Tradisi menjinakkan kormoran untuk menangkap ikan sudah dilakukan nenek moyang bangsa Tionghoa sejak tahun 900-an. Meskipun tradisi ini masih ada, menangkap ikan dengan burung kormoran terutama dilakukan untuk atraksi wisata.

Selain di negeri Tiongkok, tradisi menangkap ikan dengan burung kormoran juga terjadi di Jepang, Yunani, Makedonia, dan Peru. Apakah di sekitar tempat tinggalmu juga ada tradisi menangkap ikan dengan cara yang unik?

Sumber foto: chinatours.de